STUDI IN VITRO ABSORPSI PERKUTAN HIDROKINON DALAM BASIS KRIM DENGAN EMULGATOR TRIETANOLAMIN STEARAT, TWEEN-SPAN DAN COCO-BETAINE

HANAFI TANOJO, 058410610 (1989) STUDI IN VITRO ABSORPSI PERKUTAN HIDROKINON DALAM BASIS KRIM DENGAN EMULGATOR TRIETANOLAMIN STEARAT, TWEEN-SPAN DAN COCO-BETAINE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-tanojohana-25757-14.ring-n.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
9.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dewasa ini hidrokinon banyak dipakai secara topikal dalam bentuk krim sebagai bahan untuk memutihkan kulit (deplgmenting/bleaching agent), sedangkan hidrokinon sendiri merupakan senyawa fenol yang bila diabsorpsi perkutan, toksik secara sistemik. Mengingat besarnya pengaruh basis krim terhadap absorpsi perkutan suatu bahan, maka dilakukan penelitian pengaruh beberapa basis krim terhadap absorpsi perkutan hidrokinon. Metoda yang digunakan adalah metoda In vitro dengan menggunakan membran kulit alami dari babi. Dari data yang didapat, dlperoleh hasil bahwa hidrokinon diabsorpsi perkutan dalam jumlah-yang berbeda dari basis krim dengan sifat lonlk yang berbeda. Besarnya absorpsi dari yang terbesar berturut-turut adalah dari basis krim dengan emulgator Tween-Span, basis krim dengan emulgator Trietanolamin Stearat dan absorpsi yang terkecil, yang berarti hidroki­non paling sedikit menembus, adalah dari basis krim dengan emulgator Coco-betaine, yang bersifat amfoterik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 334/89 Tan s
Uncontrolled Keywords: PHARMACEUTICA
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
HANAFI TANOJO, 058410610UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWidji Soerarti, DR.UNSPECIFIED
Thesis advisorSoegiharto Hadimoelja, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 22 Jul 2013 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 02:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10050
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item