Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 48–72 Ulan Di TK Al-Furqon Dan TK Bunda Ghifari Surabaya

Nabila Ilma Nisa Rukmana (2020) Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Dan Emosional Anak Usia 48–72 Ulan Di TK Al-Furqon Dan TK Bunda Ghifari Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (235kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (78kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (161kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (91kB)
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2023.

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (KERANGKA KONSEPTUAL)
6. BAB 3 KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2023.

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (METODE PENELITIAN)
7. BAB 4 METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2023.

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL DAN ANALISIS)
8. BAB 5 HASIL DAN ANALISIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2023.

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (PEMBAHASAN)
9. BAB 6 PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2023.

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
10. BAB 7 PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2023.

Download (94kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2023.

Download (813kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN EMBARGO)
6-embargo-Nabila Ilma-011611233023 - nabila ilma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN)
6-kesediaan-Nabila Ilma-011611233023 - nabila ilma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang: Menurut studi pendahuluan pada TK Al-Furqon dan TK Bunda Ghifari Surabaya didapatkan bahwa hampir seluruh (97,1%) anak di kedua TK tersebut menggunakan gadget. Menurut Kominfo, salah satu dampak negatif dari intensitas penggunaan gadget yang tinggi pada anak adalah kecanduan gadget yang dapat mengganggu interaksi sosial dan kontrol emosi anak. Hal tersebut dapat mengganggu perkembangan sosial emosional anak kedepannya dan mempersulit anak dalam mendapat penerimaan di lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak usia 48-72 bulan di TK Al-Furqon dan TK Bunda Ghifari Surabaya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan studi cross-sectional. Jumlah sampel sebanyak 126 anak dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Variabel bebas adalah intensitas penggunaan gadget yang diukur menggunakan kuesioner. Variabel terikatnya adalah perkembangan sosial dan emosional anak yang diukur dengan Kuesioner Masalah dan Perilaku Emosional (KMPE). Analisis data menggunakan uji Spearman. Hasil: Sebagian kecil (19,0%) anak menggunakan gadget dengan intensitas rendah, hampir separuh anak menggunakan gadget dengan intensitas sedang sebesar 44,4% dan hampir separuh (36,5%) anak menggunakan gadget dengan intensitas tinggi. Sebagian besar (57,1%) anak memiliki perkembangan sosial emosional kategori normal. Hasil uji Spearman didapatkan nilai p = 0,000 (p<0,05) dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,628. Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas penggunaan gadget dengan perkembangan sosial dan emosional anak usia 48-72 bulan di TK Al-Furqon dan TK Bunda Ghifari Surabaya. Intensitas penggunaan gadget yang tinggi akan meningkatkan perkembangan sosial emosional anak kategori rujuk.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKA KK FK.BID.55/20 Ruk h
Uncontrolled Keywords: gadget, perkembangan, sosial emosional, prasekolah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Pendidikan Bidan
Creators:
CreatorsNIM
Nabila Ilma Nisa RukmanaNIM011611233023
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Ainy Fardana, -NIDN0027027203
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 02 Nov 2020 04:20
Last Modified: 02 Nov 2020 04:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/100533
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item