PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG PUTIH(Allium sativum L.)TERHADAP TOKSISITAS KARBON TETRA KLORIDA PADA HEPATOSIT TIKUS TERISOLASI DENGAN PARAMETER ENZIM GPT

LILIK LESTYO BUDI UTOMO, 058410655 (1989) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK BAWANG PUTIH(Allium sativum L.)TERHADAP TOKSISITAS KARBON TETRA KLORIDA PADA HEPATOSIT TIKUS TERISOLASI DENGAN PARAMETER ENZIM GPT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-utomolilik-26379-15.ring-n.pdf

Download (565kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
35.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Preparasi hepatosit terisolasi dari hepar tikus strain Wistar dengan berat 150 - 300 gram dilakukan dengan cara resirkulasi menggunakan media pengikat ion kalsium yaitu campuran EDTA, Na Sitrat dan Glysin yang berfungsi untuk disintegrasi jaringan. Kemudian dilakukan penghitungan sel dan uji vitalitas sel. Uji vitalitas dilakukan dengan pewarnaan Trypan blue. Untuk mengetahui efek dari ekstrak bawang putih terhadap toksisitas karbon tetra klorida pada hepatosit terisolasi, maka dari suspensi sel yang didapat diinkubasi selama waktu 0 - 180 menit dengan penambahan ekstrak ba­wang putih dan CCl4. Untuk mengetahui hasilnya dilakukan uji aktifitas dari enzim GPT yang dikeluarkan ke dalam me­dium oleh sel hepar yang diinkubasi tersebut dengan spektrofotometer pada panjang gelombang 340 nm. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menahan pelepasan enzim GPT pada pembe­rian karbon tetra klorida. Karena masih banyak kekurangan-kekurangan dalam pene­litian ini, maka perlu digunakan metode lain yang lebih baik (kultur hepatosit) demi untuk perbaikan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 359/89 Uto p
Uncontrolled Keywords: TANAMAN OBAT
Subjects: R Medicine > RV Botanic, Thomsonian, and eclectic medicine
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
LILIK LESTYO BUDI UTOMO, 058410655UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorACHMAD FUAD HAFID, Drs., MS., Apt.UNSPECIFIED
ContributorWahjo Dyatmiko, Drs., AptUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Husnul Khotimah
Date Deposited: 31 Jul 2013 12:00
Last Modified: 20 Sep 2016 03:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item