Motivasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Di Kabupaten Sidoarjo

Abraham Dzulfiqi Arief (2020) Motivasi Siswa Sekolah Dasar Dalam Memanfaatkan Perpustakaan Sekolah Di Kabupaten Sidoarjo. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2.ABSTRAK.pdf

Download (586kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (415kB)
[img] Text (BAB I)
4.BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
5.BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2023.

Download (592kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2023.

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8.BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 10 November 2023.

Download (566kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (508kB)
[img] Text
23-Dokumen embargo - abraham arief.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan Sekolah merupakan wadah sarana pendidikan penunjang belajar siswa di sekolah yang memiliki fungsi edukatif, informatif, dan rekreatif yang dapat dimanfaatkan demi memacu tercapainya tujuan pendidikan yang terdiri dari kumpulan bahan pustaka, baik berupa buku-buku maupun non buku yang di organisasikan secara sistematis dalam satu ruangan yang dapat diakses dan digunakan oleh seluruh civitas akademi di sekolahan tersebut. Kemudahan dalam menemukan informasi dalam perpustakaan dapat dirasakan ketika pemustaka dapat memanfaatkan layanan dengan maksimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui motivasi siswa dalam memanfaatkan perpustakaan yang dilatar belakangi jenis-jenis motif yaitu, motif intrinsik atau motif ekstrinsik yang dikutip dari teori Sondang p Siagian (2008). Motivasi sendiri timbul akibat adanya suatu rangsangan atau stimulus yang melatar belakangi seseorang untuk mencapai suatu tujuan sehingga individu tersebut akan mengerahkan waktu dan tenaganya. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif deskriptif. Populasi dalam sampel sebanyak 9 SD di Kabupaten Sidoarjo. Penarikan sampel menggunakan simple random sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Pengukuran tiap variable menggunakan tabel frekuensi. Hasil analisis dari motif intrinsik yang dominan dalam memotivasi siswa memanfaatkan perpustakaan adalah adanya buku sebagai sumber pemenuhan belajar siswa atau siswi dengan rata-rata 3,70 dengan kategori tinggi. Kemudian motif ekstrinsik yang memotivasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan dengan rata-rata 3,94 dengan kategori tinggi indikator nya yaitu, sikap ramah dari pustakawan yang melayani kebutuhan siswa atau siswi dan memotivasi siswa atau siswi untuk ke perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.70-20 Ari m
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Motivasi, Motif
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
Abraham Dzulfiqi AriefNIM071311633069
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Mutia, -NIDN0009107507
Depositing User: hardiansah pramana abdilah
Date Deposited: 03 Dec 2020 20:29
Last Modified: 03 Dec 2020 20:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/100694
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item