Uji Pengaruh Propilenglikol Dan Etilenglikol Terhadap Profil Penetrasi Ketokonazol Perkutan Dalam Basis Gel Carbopol Secara In Vitro

Honggo Kusumo Tantri, 058810824 (1991) Uji Pengaruh Propilenglikol Dan Etilenglikol Terhadap Profil Penetrasi Ketokonazol Perkutan Dalam Basis Gel Carbopol Secara In Vitro. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-tantrihong-23718-7.ringk-.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FF 444-91 Tan u.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam memformulasikan suatu sediaan, selalu diinginkan hasil berupa sediaan farmasi yang bermutu, yaitu mempunyai efek terapeutik yang diinginkan dengan efek samping yang minimal. Ketokonazol adalah obat anti jamur yang dapat dipakai secara oral maupun topikal. Namun pada pemakaian secara oral dapat menimbulkan efek samping hepatotoksik yang tidak diinginkan, sehingga untuk pemakaian jangka panjang perlu dihindari. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah membuat sediaan topikal dari sehingga permasalahan di atas dapat diatasi. Keuntungan lainnya pemakaian topikal adalah dapat langsung dioleskan pada tempat yang sakit dan kontak dengan kulit berlangsung lama. Dalam sediaan topikal sering ditambahkan pelembab untuk mempertahankan kelembaban sediaan dan mencegah terjadinya lapisan film yang terbentuk setelah terjadi penguapan air dari sediaan. Ternyata pelembab yang ditambahkan dalam sediaan dapat mempengaruhi sifat fisika kimia obat dan keadaan kulit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF. 444/91 Tan u
Uncontrolled Keywords: PENYAKIT KULIT ; ANTI JAMUR
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
Honggo Kusumo Tantri, 058810824UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorWIDJI SQERATRI, DR.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 05 Apr 2013 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 10:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10089
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item