Festival Kesenian Jaranan (Studi Deksriptif Tentang Festival Kesenian Jaranan Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Di Kota Kediri)

Ilham Dharru Atmaja (2019) Festival Kesenian Jaranan (Studi Deksriptif Tentang Festival Kesenian Jaranan Sebagai Salah Satu Daya Tarik Wisata Di Kota Kediri). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (365kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (175kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (124kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (233kB)
[img] Text (BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN)
5. BAB II DESKRIPSI LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2023.

Download (188kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III ANALISIS TEMUAN DATA)
6. BAB III ANALISIS TEMUAN DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2023.

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PENUTUP)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2023.

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2023.

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
24-SURAT PERMOHONAN EMBARGO PUBLIKASI KARYA ILMIAH-Dharru - ilham dharru.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kota Kediri merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota ini menyimpan banyak sejarah dan peninggalan pada zaman kerajaan Kediri yang berpotensi untuk dijadikan sebagai daerah tujuan wisata. Kota Kediri juga memiliki keindahan alam dan kebudayaan yang sangat kental dan diminati banyak masyarakat. Salah satu kebudayaan yang hingga saat ini diminati masyarakat yaitu Kesenian Tari Jaranan dimana di setiap kota di provinsi jawa timur juga memiliki kesenian ini, hal yang membedakan adalah dari cerita yang di angkat serta kostum yang dipakai saat mementaskan tari ini. Salah satu atraksi yang dimiliki kota Kediri ini dikemas sedemikian rupa oleh pemerintah kota Kediri, dengan berkembangnya zaman saat ini, pemerintah mulai mengemas tari ini dalam bentuk festival kesenian jaranan dimana festival ini adalah rangkaian acara untuk memperingati hari jadi kota Kediri. Selain penampilan tari jaranan yang dimiliki, kota kediri memiliki beragam etnis dan budaya yang beragam. Festival Kesenian Jaranan ini memiliki potensi yang sangat besar dalam menarik kunjungan wisatawan untuk datang ke kota kediri ada beberapa hal kekuatan dan peluang yang dimiliki festival ini dalam menarik kunjungan wisatawan serta beberapa kelemahan dan ancaman yang harus dihadapi oleh pemerintah serta penyelenggara. Penelitian ini membahas tentang potensi festival kesenian jaranan sebagai daya tarik wisata kota kediri. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis bersifat Kualitatif, sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Deskriptif. Maksudnya, dengan demikian pendekatan secara deskriptif kualitatif dapat memungkinkan untuk mengkaji permasalahan pada objek penelitian secara rinci dan mendalam. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, penggunaan bahan dokumen, dan foto. Informan yang dituju ialah para pelaku kesenian jaranan yang sekaligus menjadi penyelenggara, bidang kebudayaan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kota Kediri, penonton festival. Adapun hasil pada penelitian yang telah dilakukan, menunjukan bahwa penyelenggaraan suatu festival juga memiliki daya tarik yang berpotensi besar untuk menjadikan festival kesenian jaranan sebagai salah satu daya tarik wisata kota kediri. Dengan dikemas dalam bentuk festival, kesenian ini menampilkan beberapa kelompok jaranan serta tarian pecut samandiman dari Kota Kediri yang dapat menjadikan peluang dan salah satu kekutan dalam festival ini untuk menarik wisatawan berkunjung ke kota kediri.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.51-20 Atm f
Uncontrolled Keywords: Kesenian Jaranan, Daya Tarik, Festival Kesenian Jaranan Sebagai Daya Tarik Wisata Kota Kediri
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3770-3795 Science and arts. Research
N Fine Arts > NX Arts in general > NX1-820 Arts in general
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
Ilham Dharru AtmajaNIM151711413065
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Endah Nurhidayati, -NIDN0010127003
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 12 Dec 2020 13:54
Last Modified: 12 Dec 2020 13:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/101549
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item