Rancangan Aktivitas Reverse Logistics Untuk Menciptakan Nilai Tambah Atas Pengolahan Fresh Food Pada Giant Ekstra Rajawali Surabaya

Mella Oktavia Larasati (2020) Rancangan Aktivitas Reverse Logistics Untuk Menciptakan Nilai Tambah Atas Pengolahan Fresh Food Pada Giant Ekstra Rajawali Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (534kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (523kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (669kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2023.

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2023.

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (480kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 15 December 2023.

Download (721kB) | Request a copy
[img] Text
kesediaan publikasi.pdf

Download (138kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Reverse logistics sangat berguna untuk menghadapi isu global mengenai lingkungan dan jika dikelola secara efektif dan efisien maka akan memberikan peluang nilai ekonomi bagi perusahaan. Giant Ekstra Rajawali Surabaya merupakan salah satu peritel yang memiliki masalah terhadap tingginya jumlah waste yang dihasilkan dari fresh food khususnya produk daging ayam, sayur, dan buah akibat produk tersebut tidak laku terjual dan berakhir menjadi broken stock yang merugikan bagi perusahaan. Selama ini untuk menangani masalah waste yang dihasilkan oleh ketiga produk tersebut, Giant hanya menerapkan strategi diskon dan produk bumbu kuning. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana rancangan reverse logistics dalam pengolahan produk daging ayam, sayur, dan buah yang mendekati masa expired untuk menangani masalah waste pada Giant Ekstra Rajawali Surabaya dan untuk menarik minat pelanggan untuk membeli sehingga ketiga produk tersebut tidak berakhir menjadi broken stock yang merugikan bagi perusahaan. Selain iut, tujuan dari penelitian ini juga untuk mengetahui bagaimana peningkatan nilai tambah dari adanya proses reverse logistics dengan mengolah produk daging ayam, sayur, dan buah Giant Ekstra Rajawali Surabaya yang mendekati masa expired menjadi produk ready to eat menggunakan cara Hayami. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan wawancara dengan Staff Departemen Head and Processing dan Staff Departemen Head and Produce Giant serta 16 orang pelanggan. Hasil dari penelitian ini adalah usulan rancangan kegiatan reverse logistics pada pengelolaan fresh food yakni daging ayam, sayur, dan buah yang mendekati masa expired untuk diolah menjadi produk ready to eat dengan tujuan mampu mengurangi jumlah waste yang dihasilkan dari ketiga produk tersebut. Selain itu, hasil dari penelitian ini adalah perhitungan nilai tambah menggunakan cara Hayami yang menghasilkan rasio nilai tambah sebesar 43% dari adanya pengolahan produk daging ayam, sayur, dan buah yang mendekati masa expired menjadi produk ready to eat. Dari hasil perhitungan ini, diharapkan mampu menjadi peluang bisnis yang baru bagi Giant Ekstra Rajawali sekaligus sebagai bentuk dukungan dari konsep triple bottom line bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.182/20 Lar r
Uncontrolled Keywords: Fresh Food, Reverse Logistics, Produk Ready to Eat, Nilai Tambah
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Mella Oktavia LarasatiNIM041611233079
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndrianawati UsmanNIDN0019086106
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 15 Dec 2020 04:27
Last Modified: 15 Dec 2020 04:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/101682
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item