PENGARUH PEMBENTUKAN KOKRISTAL ARTESUNAT � NIKOTINAMID TERHADAP KELARUTAN DAN LAJU DISOLUSI ARTESUNAT :Perbandingan 1:1 dengan Metode Lumpuran

NARENDRA KUSUMA WARDHANA, 051011036 (2015) PENGARUH PEMBENTUKAN KOKRISTAL ARTESUNAT � NIKOTINAMID TERHADAP KELARUTAN DAN LAJU DISOLUSI ARTESUNAT :Perbandingan 1:1 dengan Metode Lumpuran. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-wardhanana-35256-6.ringk-n.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Binder5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Artesunat merupakan derivat dari artemisin, suatu obat antimalaria yang memiliki bioaktivitas yang bagus dan toksisitas yang rendah. Artesunat di dalam biopharmaceuticals classification system (BCS) masuk kelas II. BCS kelas II berarti artesunat memiliki kelarutan yang rendah dalam air dan permeabilitas yang bagus. Hal ini merupakan salah satu permasalahan yang dihadapi industri farmasi yang selanjutnya akan mempengaruhi rute pemberian suatu obat. Selain itu juga hal ini akan mempengaruhi bioavaibilitas suatu obat di dalam tubuh. Nikotinamid merupakan komponen dari vitamin B. Nikotinamid telah menunjukkan kemampuan untuk meningkatkan kelarutan obat lain dalam air melalui modifikasi fisika ataupun kimia (Montaseri et al., 2004) salah satunya dengan pembentukan kokristal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pembuatan kokristal artesunat-nikotinamid dengan metode lumpuran terhadap kelarutan dan laju disolusi artesunat. Perbandingan komposisi yang digunakan adalah perbandingan ekuimolar 1 : 1. Pembuatan kokristal metode lumpuran dilakukan dengan cara menimbang sejumlah ekuimolar artesunat dan nikotinamid, kemudian dicampur hingga homogen dan ditambahkan sedikit air hingga terbentuk lumpuran. Lumpuran yang terbentuk dikeringkan dalam oven pada suhu 40oC selama 48 jam. Uji kelarutan dilakukan pada waktu kelarutan jenuh artesunat, yaitu pada menit ke-30. Hasil uji kelarutan didapatkan kadar terlarut artesunat tunggal, campuran fisik artesunat-nikotinamid dan kokristal artesunat-nikotinamid metode lumpuran berturut – turut adalah (1236,66 ± 141,42 ; 1260,99 ± 65,04 dan 1297,95 ± 184,23) mg/L. Dilakukan uji ANOVA one way dan diperoleh bahwa harga signifikansi di atas 0,05 sehingga dinyatakan tidak ada perbedaan yang bermakna antar kelompok perlakuan. Uji disolusi dilakukan terhadap artesunat tunggal, campuran fisik artesunat-nikotinamid dan kokristal artesunat-nikotinamid metode lumpuran selama 30 menit menggunakan media air suling 900 mL dan alat uji disolusi tipe II (tipe dayung), suhu diatur pada (37± 0,5) oC dengan kecepatan 50 rpm. Hasil disolusi kemudian dibuat profil disolusi dan dihitung ED30 dari masing – masing perlakuan. Diperoleh ED30 rata – rata artesunat tunggal, campuran fisik artesunat-nikotinamid dan kokristal artesunat-nikotinamid metode lumpuran berturut – turut adalah (34,09 ± 8,51; 28,65 ± 8,27 dan 43,29 ± 3,30) % Hasil ED30 dari masing – masing perlakuan kemudian diuji ANOVA one way dan diperoleh bahwa harga signifikansi diatas 0,05. Sehingga dinyatakan bahwa tidak ada perbedaan bermakna antar kelompok perlakuan. Disimpulkan bahwa kokristal artesunat-nikotinamid dengan metode lumpuran meningkatkan kelarutan dan laju disolusi artesunat dibandingkan dengan artesunat tunggal dan campuran fisik artesunat-nikotinamid. Disarankan selanjutnya dilakukan uji in vivo kepada hewan coba untuk mengetahui bioavaibilitas dan efektivitas dari kokristal artesunat-nikotinamid metode lumpuran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF F.12/14 War p
Uncontrolled Keywords: COCRYSTAL; ARTESUNATE
Subjects: R Medicine
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
NARENDRA KUSUMA WARDHANA, 051011036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorDEWI SETYAWAN, Dr. S.Si., M.Si., AptUNSPECIFIED
ContributorRETNO SARI, Dra. M.Sc., AptUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 02 Feb 2015 12:00
Last Modified: 23 Oct 2016 20:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10247
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item