Efektivitas Social Media Marketing Sebagai Strategi Interactive Marketing Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives

Odilia Firsti Wida Mukti (2020) Efektivitas Social Media Marketing Sebagai Strategi Interactive Marketing Center For Indonesia’s Strategic Development Initiatives. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (581kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (373kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2024.

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2024.

Download (106kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2024.

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2024.

Download (412kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 6)
8. BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2024.

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 7)
9. BAB VII.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2024.

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 7 January 2024.

Download (335kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
Pernyataan Kesediaan Publikasi- Odilia Firsti W M.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pemasaran interaktif merupakan metode pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan interaksi dua arah antara brand dan konsumen. Penelitian terhadap penggunaan media sosial sebagai strategi pemasaran interaktif telah dilakukan pada berbagai usaha. Namun, belum banyak ditemukan penelitian serupa di organisasi kesehatan. Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) merupakan organisasi sosial masyarakat yang bergerak di bidang kesehatan yang menggunakan media sosial sebagai media pemasaran untuk melakukan advokasi dan diseminasi informasi kesehatan. Efektivitas pemasaran menggunakan media sosial dapat diukur melalui engagement rate melalui social media analytics. Berdasarkan hasil analisis dari Keyhole analytics pada periode Maret 2019 – Januari 2020, engagement rate media sosial Instagram CISDI baru mencapai 2,12% yang berarti berada dibawah standar engagement rate sebesar -5,15%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas social media marketing sebagai strategi interactive marketing CISDI. Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari analisis Keyhole analytics media sosial Instagram CISDI. Pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling terhadap seluruh post di media sosial Instagram CISDI dan ditemukan sample sebesar 156 post. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar content media sosial Instagram CISDI memiliki value exchange berupa pesan SDGs 3 yang disampaikan melalui tipe post carousel. CISDI seringkali mempublikasikan post di hari Senin dan Kamis pada pukul 20.00 WIB. Rata-rata engagement rate CISDI pada periode Mei 2019 – April 2020 adalah 8,04%. Hasil uji statistik menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara content post Instagram CISDI terhadap engagement rate media sosial Instagram CISDI (p=0,000), sedangkan antara context post Instagram CISDI terhadap engagement rate media sosial Instagram CISDI tidak ditemukan pengaruh yang signifikan (p=0,889). Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah bahwa social media marketing merupakan strategi interactive marketing CISDI yang efektif. Oleh karena itu, diperlukan monitoring dan evaluasi secara rutin terhadap performa Instagram CISDI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.107/20 Muk e
Uncontrolled Keywords: Interactive marketing, organisasi kesehatan, social media marketing
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Odilia Firsti Wida MuktiNIM101611133001
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjazuly ChalidyantoNIDN197111081998021001
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 07 Jan 2021 10:17
Last Modified: 07 Jan 2021 10:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/102689
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item