Model Komunikasi Bisnis Independent Worker Dengan Calon Klien Dalam Bidang Digital Marketing

Siti Dzarfah Maesaroh (2020) Model Komunikasi Bisnis Independent Worker Dengan Calon Klien Dalam Bidang Digital Marketing. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (196kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB II)
5. Bab II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (97kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI)
9. BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 January 2024.

Download (802kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
12. PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
13. PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia tengah menghadapi sejumlah perubahan lintas sektor di era revolusi industri 4.0, termasuk bidang pekerjaan. Traditional employment mulai digantikan independent worker yang diprediksi akan mengalami kenaikan hingga 80% (Intuit 2020 Report). Terlebih pada masa pandemi Covid 19, pekerjaan ini kian relevan dengan tuntutan perubahan zaman di era new normal. Sebagai pemilik small business, keseharian independent worker tak dapat dilepaskan dari menjalin hubungan dengan klien (Gibbons, 2017), melalui marketplace platfrom maupun personal network (World Development Report, 2019). Di antara pekerjaan berbasis digital, Indonesia mencatat pertumbuhan pasar digital marketing paling pesat di dunia pada 2019 (Magna Global & Pubmatic). Namun mendapatkan klien pada bidang yang mengandalkan keahlian, tidak semudah pekerjaan bermodal tenaga (Norfo, 2017). Proses komunikasi dalam mendapatkan klien menjadi keterampilan paling menantang bagi independent worker (Brown & Knerl, 2008). Sebagaimana hasil pra-riset, dibutuhkan setidaknya 6-24 bulan pertama untuk dikenal dan dipercaya oleh calon klien. Karenanya, peneliti ingin mengeksplorasi model komunikasi bisnis independent worker dengan calon klien dalam bidang digital marketing, dari tahap mencari hingga terjadi kesepakatan/ketidaksepakatan untuk bekerjasama. Penelitian ini menggunakan metode fenomenologi. Analisis temuan data menggunakan teori terkait model komunikasi, computer-mediated communication (CMC), dan komunikasi bisnis. Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 5 tahap dalam model komunikasi bisnis antara independent worker dengan calon klien pada bidang digital marketing. Yakni mencari, mendapatkan, penawaran, negosiasi, dan pengambilan keputusan (sepakat/tidak sepakat). Selain itu, ditemukan permasalahan yang merugikan independent worker, namun tidak ada etika profesi, perlindungan hukum, maupun organisasi yang khusus melindungi independent worker di Indonesia.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.24/20 Mae m
Uncontrolled Keywords: Self-Employed, Communication Model, Computer Mediated Communication, Business Communication
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Siti Dzarfah MaesarohNIM071814853015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSanti Isnaini, -NIDN0020097702
ContributorJudy Djoko W. Tjahjo, -NIDN-
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 12 Jan 2021 05:42
Last Modified: 12 Jan 2021 05:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/102933
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item