Perilaku Inovatif Ditinjau Dari Budaya Inovasi, Persepsi Dukungan Organisasi, Kompetensi Inovasi Dan Kontrak Psikologis Dengan Mediator Efikasi Diri Pada Karyawan Sales Marketing Hotel

Iffah Rosyiana (2020) Perilaku Inovatif Ditinjau Dari Budaya Inovasi, Persepsi Dukungan Organisasi, Kompetensi Inovasi Dan Kontrak Psikologis Dengan Mediator Efikasi Diri Pada Karyawan Sales Marketing Hotel. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (885kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (914kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2024.

Download (814kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN)
10. KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2024.

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 21 January 2024.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Bisnis perhotelan dan wisata di Indonesia mengalami perkembangan yang cepat. Kondisi ini menuntut para pelaku bisnis perhotelan untuk lebih kreatif dan inovatif agar mendatangkan pelanggan lebih banyak. Secara khusus, karyawan sales marketing dituntut untuk lebih memiliki inovasi baru agar berhasil dalam persaingan pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji model perilaku inovatif yang dipengaruhi oleh budaya inovasi, persepsi dukungan organisasi, kompetensi inovasi dan kontrak psikologis dengan mediator efikasi pada karyawan sales marketing hotel. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 217 responden dan dipilih melalui teknik random sampling. Kriteria responden penelitian yaitu karyawan sales marketing hotel di kota besar di Indonesia. Penelitian ini menggunakan 6 alat ukur yang terdiri dari Perilaku Inovatif yang dikembangkan oleh Jeroen P.J. de Jong (2008), Budaya Inovasi yang dikembangkan oleh Katarzyna Krot (2013), Persepsi Dukungan Organisasi yang dikembangkan oleh Robert Eisenberger (1986), Kompetensi inovasi yang dikembangkan oleh Juan A. Marin-Garcia (2011), Kontrak psikologis yang dikembangkan oleh Denise M. Rousseau (2000) dan Efikasi diri yang dikembangkan oleh Hsiao, Chang, Tu, & Chen (2011). Analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil perhitungan pada penelitian ini menunjukkan model perilaku inovatif Goodness of Fit (GoF) dengan nilai GFI = 0,735 ; CFI = 0,912 ; TLI = 0,904 dan NFI = 0,855 yang artinya hasil penelitian ini memiliki kesesuaian model konseptual yang dikembangkan dan termasuk dalam kategori fit. Hal ini juga membuktikan bahwa budaya inovasi, kontrak psikologis, kompetensi inovasi, persepsi dukungan organisasi dan efikasi diri memberikan kontribusi terhadap pembentukan perilaku inovatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model perilaku inovatif pada karyawan sales marketing di perhotelan dapat dikembangkan dengan melibatkan variabel budaya inovasi, persepsi dukungan organisasi, kompetensi inovasi dan kontrak psikologis dan efikasi diri sebagai mediator. Hasil penelitian ini dapat memberikan wawasan untuk industri perhotelan agar tidak saja mengembangkan kompetensi teknik di bidang perhotelan saja namun juga lebih memperhatikan sisi psikologis dalam rangka pembentukan perilaku inovatif karyawan. Selain itu, didapatkan temuan pada penelitian ini yaitu efikasi diri dapat berperan sebagai mediator perilaku inovatif. Kebaruan pada penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan perilaku inovatif karyawan sales marketing akan semakin baik bila melibatkan sisi psikologis yatu efikasi diri.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis Psi 16/21 Ros p
Uncontrolled Keywords: Perilaku inovatif, budaya inovasi, kontrak psikologis, kompetensi inovasi, persepsi dukungan organisasi dan efikasi diri
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
T Technology > TX Home economics > TX901-946.5 Hospitality industry. Hotels, clubs, restaurants, etc. Food service
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Iffah RosyianaNIM111317127304
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorFendy Suhariadi, -NIDN0017016602
UNSPECIFIEDSeger Handoyo, -NIDN0016026602
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 21 Jan 2021 12:04
Last Modified: 21 Jan 2021 12:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/103283
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item