ANALISIS KADAR LOGAM BERAT Hg, Cd, Pb DAN Mn DALAM DAGING KEPITING TAMBAK DAN AIR TAMBAK DI SEKITAR MUARA SUNGAI TAMBAK OSO DENGAN METODA SPEKTROFOTOMETRI ABSORPSI ATOM

SUSILOWATI, 058210454 (1987) ANALISIS KADAR LOGAM BERAT Hg, Cd, Pb DAN Mn DALAM DAGING KEPITING TAMBAK DAN AIR TAMBAK DI SEKITAR MUARA SUNGAI TAMBAK OSO DENGAN METODA SPEKTROFOTOMETRI ABSORPSI ATOM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah pencemaran lingkungan. hidup merupakan salah satu masalah besar dunia yang perlu segera ditangani, terutama di kota-kota industri. Limbah industri sebagai hasil sampingan telah memberikan dampak negatif pada lingkungan hidup yaitu berupa pencemaran . Salah satu bahan pencemar yang berbahaya bagi mahkluk hidup adalah logam berat. Telah dilakukan penelitian terhadap kadar logam berat Hg, Cd, Pb dan Mn dalam daging kepiting dan air tambak di sekitar muara Sungai Tambak Oso, metoda yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda Spektrofotometri Absorpsi Atom (SAA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar logam Hg dan Pb dalam air tambak telah melampaui batas kadar maksimum yang diperbolehkan untuk keperluan perikanan, sedang logam Cd dan Mn tidak melampaui batas kadar maksimum yang diperbolehkan untuk keperluan perikanan. Di dalam daging kepiting. didapatkan kadar logam Hg yang relative tinggi, sedang kadar logam Cd, Pb dan Mn relatif rendah. Kadar masing-masing logam berat dalam daging kepiting lebih tinggi dari kadar logam berat di dalam air tambak. Dari penelitian ini diharapkan adanya pencemaran dapat diketahui secara dini, sehingga penanggulangannya dapat segera dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 216/87 Sus a
Uncontrolled Keywords: POLLUTION - ENVIRONMENTAL ASPECTS
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
SUSILOWATI, 058210454UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHARJANA, Drs., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Mar 2013 12:00
Last Modified: 18 Jul 2016 07:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10341
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item