PENGARUH PEMBERIAN FRAKSI ETANOL 60% DAN FASA AIR Justicia gendarussa Burm.f. TERHADAP AKTIVITAS HIALURONIDASE EC 3.2.1.35 IN VITRO

Azmil Abidah, 050112463 (2006) PENGARUH PEMBERIAN FRAKSI ETANOL 60% DAN FASA AIR Justicia gendarussa Burm.f. TERHADAP AKTIVITAS HIALURONIDASE EC 3.2.1.35 IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-abidahazmi-1707-kkbkk-2-k.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-abidahazmi-1707-ff1500-p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian sebelumnya dibuktikan bahwa kandungan tanaman Justicia gendarussa Burm.f yakni gendarusin memiliki efektivitas sebagai obat kontrasepsi pria. Senyawa tersebut menghambat aktivitas hialuronidase sperma mencit dan secara empirik dapat digunakan sebagai obat kontrasepsi untuk pria di daerah Irian Jaya Hialuronidase yang terdapat dalam bagian luar lapisan sperma berperan dalam mendepolimerisasikan asam hialuronat yang terdapat dalam lapisan bagian luar ovum. Bila reaksi ini terjadi, maka reaksi-reaksi tahap selanjutnya akan berjalan dan akan terjadi fertilisasi. Namun bila aktivitas hialuronidase dihambat, maka terjadinya fertilisasi juga terhambat. Oleh karena itu, penelitian ini ingin niembuktikan pengaruh gendarusin terhadap aktivitas hialuronidase dengan melakukan uji aktivitas dengan menggunakan metode Morgan-Elson. Dalam penelitian akan diuji pengaruh fraksi etanol 60% dan fasa air gendarusa terhadap aktivitas hialuronidase sapi (Sigma) secara in vitro. Dalam penelitian ini fraksi etanol 60% dan fasa air gendarusa diperoieh dari proses ekstraksi secara maserasi dan perkolasi. Hialuronidase dan asam hialuronat diperoleh dan Sigma. Dalam reaksi Morgan-Elson keduanya akan membentuk produk yaitu N-acetyl-glucosamine yang akan menyebabkan warna ungu kemerahan. Tahap awal penelitian adalah membuat kurva standar N-acetylglucosamine yang diperoleh dan Sigma dalam berbagai kadar dan diuji dengan metode Morgan-Elson. Standar ini akan digunakan dalam penentuan aktivitas hialuronidase tanpa dan dengan fraksi etanol 60% dan fasa air gendarusa. Aktivitas hialuronidase tanpa pemberian ekstrak gendarusa menunjukkan nilai Km sebesar 3,62 mM dan nilai Vmaks sebesar 0,0024 mM/menit. Nilai Konstanta Michaelis (Km) menunjukkan perkiraan afinitas suatu enzim terhadap substratnya. Adanya penambahan fraksi etanol 60% ataupun fasa air gendarusa menunjukkan adanya penurunan aktivitas hialuronidase. Penurunan aktivitas hialuronidase setelah penambahan fasa air gendarusa lebih besar dibandingkan fraksi etanol 60%. Untuk menunjukkan tipe penghambatan dari masing-masing fraksi etanol 60% maupum fasa air dapat dilakukan dengan plot kurva lineweaver-Burk. Dari hasil plot ketiga kurva antara kurva yang tidak ditambah ekstrak gendarusa dan setelah penambahan fraksi etanol 60% ataupun fasa air gendarusa menunjukkan bahwa sifat penghambatan dari fraksi etanol 60% maupun fasa air bersifat kompetitif reversibel. Penelitian tentang pengaruh fraksi etanol 60% dan fasa air gendarusa terhadap aktivitas hialuronidase sperma sapi (Sigma) ini dikerjakan secara in vitro sehingga perlu adanya penelitian secara in vivo pada binatang untuk mendukung hasil penelitian ini. Selain itu juga perlu untuk menguji pengaruh fraksi etanol 60% dan rasa air gendarusa terhadap aktivitas hialuronidase dengan menggunakan metode yang lain untuk menunjukkan hasil yang reprodusibel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 150/06 Abi p
Uncontrolled Keywords: JUSTICIA; CONTRACEPTIVE DRUGS
Subjects: R Medicine
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
Azmil Abidah, 050112463UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
Contributorbambang prajogo, Dr. E.W.,Apt.,MS.UNSPECIFIED
ContributorHARIANTO NOTOPURO, Prof.,Dr.,dr.,M.SUNSPECIFIED
ContributorTRI AGUS SISWOYO, M.Agr., PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 22 Aug 2006 12:00
Last Modified: 25 Oct 2016 17:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10364
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item