Analisis Keanekaragaman, Kepadatan Dan Dominasi Plankton Di Kolam Rumput Laut (Kappaphycus Alvarezii) Dan Kolam Filter Pada Sistem Akuaponik Air Laut

Elki Andriyanto (2020) Analisis Keanekaragaman, Kepadatan Dan Dominasi Plankton Di Kolam Rumput Laut (Kappaphycus Alvarezii) Dan Kolam Filter Pada Sistem Akuaponik Air Laut. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (140kB)
[img] Text
2. RINGKASAN.pdf

Download (56kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (88kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (48kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA .pdf
Restricted to Registered users only until 16 February 2024.

Download (146kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL DAN HIPOTESIS .pdf
Restricted to Registered users only until 16 February 2024.

Download (56kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V METODOLOGI .pdf
Restricted to Registered users only until 16 February 2024.

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V HASIL DAN PEMBAHASAN .pdf
Restricted to Registered users only until 16 February 2024.

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only until 16 February 2024.

Download (44kB) | Request a copy
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (72kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 16 February 2024.

Download (114kB) | Request a copy
[img] Text
PERMOHONAN EMBARGO.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sektor perikanan memiliki peranan strategis dalam memajukan pembangunan nasional. Namun, permasalahan sektor perikanan laut khususnya perikanan budidaya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu terbatasnya sarana saluran irigasi, tingginya hama dan penyakit serta penurunan daya dukung perairan laut akibat pencemaran. Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir dilakukan pengembangan dan penerapan inovasi teknologi yakni budidaya akuaponik. Akuaponik merupakan sistem budidaya yang menjaga kualitas air tetap stabil selama periode tertentu tanpa mengganggu kelangsungan hidup ikan yang dikombinasikan dengan sistem tanaman aquatik. Secara biologis, kualitas lingkungan dalam sistem akuaponik dapat diketahui dengan adanya kehadiran berbagai organisme sebagai bioindikator. Salah satu biota yang dapat dijadikan bioindikator adalah plankton. Plankton dalam sistem akuaponik berperan sebagai pakan alami bagi ikan dan bioindikator kesuburan kualitas air. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian mengenai keanekaragaman, kepadatan dan dominasi plankton pada sistem akuaponik. Penelitian ini dilaksanakan di kolam akuaponik Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga dengan tujuan mengetahui jenis, keanekaragaman, kepadatan dan dominasi plankton pada sistem akuaponik air laut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasi dengan analisis data dilakukan secara deskriptif. Parameter utama yang diamati yaitu keanekaragaman, kepadatan, dan dominasi plankton. Parameter pendukung yang diamati antara lain suhu, salinitas, pH, oksigen terlarut, amonia, dan nitrit. Hasil identifikasi jenis-jenis plankton yang ditemukan di kolam rumput laut (Kappaphycus alvarezii) dan kolam filter pada sistem akuaponik antara lain Chlorella sp., Skeletonema sp., Cyclotella sp., Coscinodiscuss sp., Scenedesmus sp., Thalassionema sp., Amphidinium sp., Paramecium sp., Cyphoderia sp., Arcella sp., Actinosphaerium sp. Hasil perhitungan kepadatan plankton di kolam rumput laut (Kappaphycus alvarezii) pada periode pertama dan kedua secara berturut-turut sebanyak 511.200 ind/L dan 597.200 ind/L. Nilai kepadatan plankton di kolam filter pada periode pertama dan kedua secara berturut-turut sebanyak 202.400 ind/L dan 272.000 ind/L. Nilai Indeks Keanekaragaman plankton di kolam rumput laut (Kappaphycus alvarezii) sebesar 1,1 yang tergolong rendah. Nilai Indeks Keanekaragaman plankton di kolam filter sebesar 1,01 yang tergolong rendah. Nilai Indeks Dominasi plankton di kolam rumput laut (Kappaphycus alvarezii) sebesar 0.45 yang tergolong dominasi sedang. Nilai Indeks Dominasi plankton di kolam filter sebesar 0,42 yang tergolong dominasi sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.130/20 And a
Uncontrolled Keywords: rumput laut; akuaponik; kolam filter
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
Elki AndriyantoNIM141611133041
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya RahardjaNIDN0017015803
Thesis advisorMoch. Amin AlamsjahNIDN0016017002
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 16 Feb 2021 08:51
Last Modified: 18 Feb 2021 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/104077
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item