PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PADA PT. TELKOMSEL SURABAYA

Desy Ari Wardani, 049811939 E (2006) PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BAGIAN MARKETING PADA PT. TELKOMSEL SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-wardanides-1058-b_29_06.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-wardanides-1058-b_29_06.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan PT. Telkomsel. Adapun variabelvariabel yang digunakan adalah keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi tertentu (X1), kesediaan untuk berusaha meningkatkan kemampuan diri atas nama organisasi (X2), keyakinan yang pasti dan penerimaan nilai-nilai dan tujuan dari organisasi (X3). Berdasarkan teori Bill Crech (1995:393-446) dalam bukunya "Lima Pilar Manajemen Mutu Terpadu". Ada 3 variabel komitmen organisasi yang berpengaruh terhadap kinerja karyawan yaitu : 1) Manfaat perbaikan produktivitas bagi karyawan, 2) Menikmati sukses bersama-sama untuk memperkokoh komitmen, 3) Mempersempit kesenjangan manajemen dan karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada karyawan bagian marketing PT. Telkomsel di Surabaya. Teknik penentuan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling, yaitu setiap karyawan bagian marketing PT. Telkomsel di Surabaya mempunyai peluang yang sama untuk dipilih menjadi sampel. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, dengan persamaan Y = b0 + b1X1 + b2X2 + b3X3 + e, sehingga didapatkan hasil Y = 0,3092 + 0,4180 Xi + 0,4081 X2 + 0,2229 X3 Dari hasil penelitian didapatkan bahwa dapat diketahui bahwa secara simultan menunjukkan adanya pengaruh faktor-faktor komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan, terbukti dengan nilai F hitung (8,5378) > F tabel (2,73) serta nilai signifikan sebesar 6,461.10-5 < 0,05. Secara parsial menunjukkan adanya pengaruh keinginan yang kuat untuk tetap menjadi anggota organisasi tertentu (X1) terhadap kinerja karyawan (Y), terbukti dengan nilai t hitung (3,2103) > t tabel (1,9939) serta nilai signifikan sebesar 0,0020 < 0,05. Secara parsial menunjukkan adanya pengaruh kesediaan untuk berusaha meningkatkan kemampuan diri atas nama organisasi (X2) terhadap kinerja karyawan (Y), terbukti dengan nilai t hitung (2,8996) > t tabel (1,9939) serta nilai signifikan sebesar 0,0050 < 0,05. Secara parsial rnenunjukkan adanya pengaruh keyakinan yang pasti dan penerimaan nilai-nilai dan tujuan dari organisasi (X3) terhadap kinerja karyawan (Y), terbukti dengan nilai t hitung (2,3388) > t tabel (1,9939) serta nilai signifikan sebesar 0,0222 < 0,05. Berdasarkan keeratan hubungan yang ditunjukkan antara faktor-faktor komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan diperoleh nilai 0,5149, yang artinya faktor-faktor komitmen organisasi memberikan kontribusi kepada kinerja karyawan sebesar 51,49 % yang berarti bahwa hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat adalah cukup kuat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 29/06 War p
Uncontrolled Keywords: PERSONAL MANAGEMENT; ORGANIZATIONAL BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
Desy Ari Wardani, 049811939 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorNURTJAHJA MOEGNI, Dra. Ec. Hj., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 05 May 2006 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 03:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1044
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item