QUALITATIVE LATENT CLASS SEGMENTATION PEMBACA SURAT KABAR DI SURABAYA

AYUKKI TITAH SASTRIA, 040117045 (2006) QUALITATIVE LATENT CLASS SEGMENTATION PEMBACA SURAT KABAR DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-sastriaayu-1060-b_28_06.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-sastriaayu-1060-b_28_06.pdf

Download (7MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada setiap kegiatan pemasaran selalu melalui proses pemasaran yang terdiri dari segmentation, targeting, dan positioning (STP). Segmentasi merupakan proses membagi pasar yang heterogen ke dalam sub-sub pasar yang lebih homogen karakteristiknya. Latent class segmentation (LCS) merupakan metode segmentasi yang memunculkan drivers atau pendorong konsumen dalam bersikap dan berperilaku sehingga memiliki preferensi yang berbeda. Menurut Bond dan Morris (2003), konsumen memiliki sikap dan perilaku yang berbeda karena memiliki drivers yang tidak sama. Walaupun LCS merupakan suatu teknik kuantitatif, namun prinsip dasarnya dapat diaplikasikan secara kualitatif (Bond dan Morris, 2003). Nominal grouping sessions (NGS) merupakan teknik yang direkomendasikan oleh Bond dan Morris (2003) untuk mengaplikasikan LCS secara kualitatif. Penelitian ini merupakan aplikasi LCS secara kualitatif dan bersifat eksploratoris. Penelitian ini memunculkan drivers itu sendiri, bukan ukuran dan jumlah segmen seperti halnya dalam penelitian kuantitatif Basis segmentasi dalam penelitian ini adalah basis gaya hidup dengan Activities, Interests, and Opinions (AlO) sebagai operasionalisasinya. Segmen gaya hidup VALS digunakan sebagai instrumen untuk menamai segmen-segmen gaya hidup yang nantinya dimunculkan. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa AlO membentuk sikap dan perilaku terhadap surat kabar dan kemudian membentuk preferensi pembaca surat kabar. Selain itu dapat disimpulkan pula bahwa kelompok pembaca usia 18-25 tahun merupakan pembaca ringan, kelompok pembaca usia 26-35 tahun merupakan pembaca sedang, dan kelompok pembaca usia 36-50 tahun merupakan pembaca berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 28/06 Sas q
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION; CONSUMER BEHAVIOR, ADVERTISING
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
AYUKKI TITAH SASTRIA, 040117045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSRI GUNAWAN, DBAUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 05 May 2006 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 03:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1045
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item