Strategi Persuasif Dalam Pemakaian Bahasa Iklan Jasa Pada Radio Istana Fm Bojonegoro: Kajian Pragmatik

Dwi Agustiya Rahmawati (2020) Strategi Persuasif Dalam Pemakaian Bahasa Iklan Jasa Pada Radio Istana Fm Bojonegoro: Kajian Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1 halaman judul.pdf

Download (293kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (121kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3.daftar isi.pdf

Download (128kB)
[img] Text (Bab I PENDAHULUAN)
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (82kB)
[img] Text (BAB II KERANGKA TEORI)
5 BAB II KERANGKA TEORI.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2024.

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6 BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2024.

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV ANALISIS)
7 BAB IV ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2024.

Download (304kB) | Request a copy
[img] Text (SIMPULAN DAN SARAN)
8 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2024.

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 5 March 2024.

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (PERNYATAAN KESEDIAAN PUBLIKASI)
FS.BI.13-21-KESEDIAAN PUBLIKASI - Dwi Agustiya Rahmawati.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Strategi Persuasif dalam Pemakaian Bahasa Iklan Jasa pada Radio Istana FM Bojonegoro: Kajian Pragmatik” bertujuan untuk menemukan (1) bentuk strategi persuasif langsung dalam iklan jasa di radio Istana FM Bojonegoro; (2) bentuk strategi persuasif tidak langsung dalam iklan jasa di radio Istana FM Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan pragmatik. Teori yang digunakan adalah teori tindak tutur Searle yaitu tindak tutur langsung dan tidak langsung, yang kemudian digolongkan dalam tindak tutur Leech. Gambaran umum objek penelitian menjelaskan mengenai strategi persuasif bahasa iklan dalam iklan jasa radio Istana FM Bojonegoro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengolahan data secara kualitatif yang meliputi mengidentifikasi dan mengklasifikasikan data. Metode pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Tuturan yang telah dikumpulkan berupa transkripsi tuturan data verbal yang ada dalam iklan jasa tersebut. Hasil penelitian ini adalah adanya bentuk strategi persuasif langsung dan tidak langsung yang berupa bentuk strategi persuasif tindak tutur direktif langsung mengajak, menyuruh, dan menyarankan, bentuk strategi persuasif tindak tutur direktif tidak langsung bertanya, bentuk strategi persuasif tindak tutur representatif menunjukkan, memberitahu, dan menyebutkan, bentuk strategi persuasif tindak tutur ekspresif mengeluh, memuji, dan menyalahkan, serta bentuk strategi persuasif tindak tutur deklaratif menola

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.BI. 13-21 Rah s
Uncontrolled Keywords: strategi persuasif pemakaian bahasa, tindak tutur langsung, tindak tutur tidak langsung.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
P Language and Literature > PJ Semitic > PJ6073-7144 Language
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Dwi Agustiya RahmawatiNIM121711133015
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDMoch. JalalNIDN0010086905
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 08 Mar 2021 07:36
Last Modified: 08 Mar 2021 07:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/104696
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item