Pola Pengasuhan Keluarga Terhadap Anak Balita Dalam Menerapkan Kemandirian Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Studi Deskriptif Pola Asuh Keluarga di RT 02 RW 11 Kelurahan Pacar Kembang, Surabaya)

Amalia Ananda (2020) Pola Pengasuhan Keluarga Terhadap Anak Balita Dalam Menerapkan Kemandirian Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Studi Deskriptif Pola Asuh Keluarga di RT 02 RW 11 Kelurahan Pacar Kembang, Surabaya). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text (BAB 1)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text (BAB 2)
5. BAB II GAMBARAN UMUM LOKASI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2024.

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6. BAB III PROFIL KELUARGA INFORMAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2024.

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7. BAB IV POLA PENGASUHAN ANAK USIA 3-5 TAHUN DALAM MENERAPKANPERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2024.

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8. BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2024.

Download (40kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 8 March 2024.

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (EMBARGO)
Fis.Ant.16-21-embargo_071611733011_AmaliaAnanda - amalia ananda.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan sekumpulan perilaku yang di praktikkan atas dasar kesadaran sebagai hasil pembalajaran. Pola pengasuhan yang diterapkan oleh keluarga sangat berpengaruh dalam membimbing anak untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Anak balita berusia 3-5 Tahun merupakan usia emas anak, sehingga membimbing anak untuk menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dapat dilakukan pada usia anak balita agar anak akan secara sadar dan mandiri pentingnya menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola pengasuhan keluarga dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan hambatan yang di hadapi keluarga dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Penelitian ini dilakukan di RT 02 RW 11 Kelurahan Pacar Kembang, Kecamatan Tambaksari, Kota Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam kepada orang tua anak, serta dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori learning culture (kebudayaan belajar sambil lalu dari Margaret Mead. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Pada balita di Keluarga Kurang Mampu jarang dibimbing menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat sehingga balita melakukan Buang Air Kecil di Kamar Mandi secara mandiri karena melihat kakeknya melakukan aktivitas tersebut sehingga ditiru oleh balita. 2) Keluarga Menengah hanya sekedar membimbing balita dalam menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, tetapi tidak sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh Pemerintah. 3) Keluarga Atas menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, sehingga balita melakukan enam langkah cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir karena melihat kakaknya melakukan enam langkah cuci tangan menggunakan sabun sesuai dengan protokol kesahatan. Hambatan yang dialami oleh keluarga adalah komunikasi antar anak dengan orang tua dan hanya ibu yang berperan dalam menerapkan pola pengausuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.Ant 16-21 Ana p
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Anak Balita, Kemandirian, Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat,Kebudayaan Belajar Sambil Lalu.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN41-46 Community centers. Social centers
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Antropologi
Creators:
CreatorsNIM
Amalia AnandaNIM071611733011
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Joko Sri HaryonoNIDN0021045804
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 08 Mar 2021 08:57
Last Modified: 08 Mar 2021 08:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/104715
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item