Perbedaan Epistemological Beliefs Antara Siswa Sekolah Dasar Yang Memperoleh Pendekatan Pembelajaran Teacher-Centered Dan Learner-Centered

Elly Maria Dewi (2011) Perbedaan Epistemological Beliefs Antara Siswa Sekolah Dasar Yang Memperoleh Pendekatan Pembelajaran Teacher-Centered Dan Learner-Centered. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (837kB)
[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (658kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (525kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (582kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (706kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (894kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (708kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 6 April 2024.

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan Epistemological Beliefs antara siswa sekolah dasar ditinjau dari perolehan pembelajarannya. Pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah teacher-centered dan learner-centered sehingga pertanyaan penelitian yang akan diselidiki yaitu: Adakah perbedaan Epistemological Beliefs pada siswa sekolah dasar yang memperoleh pembelajaran teacher-centered dan learner-centered Penelitian ini dilakukan pada siswa sekolah dasar SDSN Kepuh Kiriman 1 dan Sekolah Alam Insan Mulia. Jumlah subjek penelitian sebanyak 287 siswa dengan rincian 180 siswa SDSN Kepuh Kiriman 1 dengan pendekatan pembelajaran teacher-centered dan 107 siswa Sekolah Alam Insan Mulia dengan pendekatan pembelajaran learner-centered. Alat pengumpul data merupakan kuesioner yang dikembangkan dari Schommer Epistemological Questionnaire yang disusun oleh Schommer pada tahun 2000. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik independent-sample t-test dengan bantuan program statistik SPSS versi 16. Dari hasil analisi data penelitian diperoleh skor dengan signifikansi 0,00 (signifikansi <0,05) dan etta squared sebesar 0,091. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan Epistemological Beliefs yang sedang pada siswa sekolah dasar dengan pendekatan pembelajaran teacher-centered yang dalam penelitian ini merupakan siswa SDSN Kepuh Kiriman 1 (M= 50,51, SD=8,057) dan pada siswa sekolah dasar dengan pembelajaran learnenr-centered yang dalam penelitian ini merupakan siswa Sekolah Alam Insan Mulia.(M=45,49 , SD=7,030).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Epistemological Beliefs, pendekatan pembelajaran teacher-centered, pendekatan pembelajaran learner-centered
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Elly Maria DewiNIM110710174
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAryani Tri Wrastari, -NIDN0024048101
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 06 Apr 2021 08:08
Last Modified: 06 Apr 2021 08:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105311
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item