Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusif

Anita Rachmadiany Putri (2013) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sikap Guru terhadap Pendidikan Inklusif. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN SAMPUL)
1. HALAMAN SAMPUL .pdf

Download (807kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (650kB)
[img] Text (BAB I)
3. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (701kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II PERSPEKTIF TEORETIS.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (742kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
7. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (670kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Sikap guru terhadap pendidikan inklusif sangat penting dalam memastikan keberhasilan praktek inklusif. Sikap guru terhadap pendidikan inklusif merupakan bentuk evaluasi guru dalam bentuk kesediaan atau ketidaksediaan guru untuk mengajar siswa berkebutuhan khusus, pemikiran mereka mengenai pencapaian pendidikan inklusif, dan usaha guru terhadap praktek inklusif di kelas mereka (Hwang, 2010). Ajzen (1988; dalam Azwar, 2010) menjelaskan bahwa diantara bermacam keyakinan yang dimiliki individu pada akhirnya yang akan menentukan intensi dan perilaku tertentu adalah keyakinan ada atau tidaknya kesempatan dan sumber yang diperlukan untuk melakukan. Keyakinan ini dapat berasal dari pengalaman mengenai obyek di masa lalu atau informasi tidak langsung mengenai obyek, dan faktor-faktor lain yang menambah atau mengurangi kekuatan keyakinan tersebut. Penelitian ini menggunakan teori faktor-faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusif menurut Bothma (1997) Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Fokus penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusif. Penelitian ini dilakukan pada 4 guru. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tematik dengan koding terhadap hasil transkrip wawancara yang telah dibuat verbatim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusif aka berbeda pada masing-masing subjek. Dua subjek yang memiliki sikap negatif terhadap pendidikan inklusif tidak memiliki keyakinan dan pengetahuan mengenai pendidikan inklusif. Kepribadian yang tidak mau tahu mengenai pendidikan inklusif juga mempengaruhi sikap mereka pada keberadaan siswa berkebutuhan khusus. Berbeda dengan guru yang memiliki sikap positif karena mereka tertarik mereka mau untuk mendalami hal yang berkaitan dengan pendidikan inklusif. Faktor dukungan kepala sekolah juga sangat terlihat mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Faktor, sikap guru, pendidikan inklusif
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC4001-4806.5 Children and youth with disabilities. Learning disabled children and youth
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Anita Rachmadiany PutriNIM110810054
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPramesti P. ParamitaNIDN0007028202
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 12 Apr 2021 11:44
Last Modified: 12 Apr 2021 11:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105443
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item