Perbedaan Keterampilan Sosial Sntara Anak Pada Masa Kanak-Kanak Akhir Khusus Yang Bersekolah di Sekolah Inklusif Dengan di Sekolah Umum

Rika Kristinawati (2011) Perbedaan Keterampilan Sosial Sntara Anak Pada Masa Kanak-Kanak Akhir Khusus Yang Bersekolah di Sekolah Inklusif Dengan di Sekolah Umum. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (679kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB 1)
3. BAB I.pdf

Download (591kB)
[img] Text (BAB 2)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2024.

Download (670kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2024.

Download (545kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2024.

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2024.

Download (509kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (499kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 13 April 2024.

Download (749kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan sosial antara anak pada masa kanak-kanak akhir yang bersekolah di sekolah inklusif dengan di sekolah umum. Penelitian dilakukan pada siswa SDN MOJO III dan siswa SDN MOJO IX dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 42 orang. Penelitian ini bersifat kuantitatif. Alat pengumpulan data berupa kuesioner keterampilan sosial yang diturunkan dari dimensi teori Ursula Cornish and Fiona Ross. Kuesioner terdiri dari 60 butir item yang disusun sendiri oleh penulis. Validitas alat ukur yang digunakan adalah validitas isi melalui professional judgement dari dosen Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya dan pengajar kelas V SDN MOJO IX, menggunakan uji seleksi item. Reliabilitas alat ukur skala keterampilan sosial menggunakan formula Mosier adalah sebesar 0,8415. Analisis data dilakukan menggunakan teknik independent sample t-test dengan bantuan program statistik SPSS versi 16.0. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh nilai t sebesar 2,744 dengan signifikansi 0,785, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan keterampilan social antara anak pada masa kanak-kanak akhir yang bersekolah di sekolah inklusif dengan di sekolah umum dengan mean sebesar 191.52 pada sekolah umum dan 183.14 di sekolah inklusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB
Uncontrolled Keywords: Keterampilan sosial, anak pada masa kanak-kanak akhir, sekolah inklusif, sekolah umum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF721-723 Child Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Rika KristinawatiNIM110610060
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuryantinah Mulyo Handayani, -NIDN0009087002
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 13 Apr 2021 04:03
Last Modified: 13 Apr 2021 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item