Penelitian IN Vitro Hubungan Antara Ikatan Protein Plasma Dengan Koefisien Partisi dari Diazepam Dan Klordiazepoksida Pada PH 7,4 Secara Keseimbangan Partisi

Irwan Handoko, 0581... (1987) Penelitian IN Vitro Hubungan Antara Ikatan Protein Plasma Dengan Koefisien Partisi dari Diazepam Dan Klordiazepoksida Pada PH 7,4 Secara Keseimbangan Partisi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
76.gdlhub-gdl-s1-2013-handokoirw-FULLTEXT.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Makin majunya masyarakat kita sebagai hasil pembangunan nasional,dan adanya sebagian masyarakat yang kurang mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang.cepat,menyebabkan makin banyak yang mengatasinya dengan obat-obatan,diantaranya dengan obat golongan tranquilizer dari derivat Benzodiazepin antara lain diazepam dan klordiazepoksida. Seperti obat-obat yang lain,turunan Benzodiazepin untuk dapat raenimbulkan efek farmakologis yang diinginkan tentunya obat tersebut harus dapat mencapai tompat aksi obat dan obat harus berada dalam bentuk bebas,tidak terikat oleh protein plasma dan sebelum mencapai tempat aksi obat,obat harus menembus mombran biologis terlebih dahulu yang untuk hal tersebut obat dipe:igaruhi oleh sifat-sifat fisik obat diantarany? kelarutan dalam lemak atau koefisien partisinya. Memperhatikan kenyataan yang ada bahwa aksi farmakologis obat turunan Benzodiazepin juga dipengaruhi oleh ikatan protein plasma dan koefisien partisi,maka kemudian dilakukan penelitian tentang bagairaana hubungan antara ikatan protein plasma dengan koefisien partisi pada pH 7,4* Penentuan koefisien partisi dilakukan dengan metode Jjengo'cokan dan ikatan protein plasmanya dengan metode kesetimbargan partisi cair-cair. Berdasarkan uji n r " (uji korelasi) padaantara ikatan protein plasma (dalam persentase) dengan koefisien partisi n-Oktanol - air dari Diazepam dan Klordiazepoksid pada pH. 7,4 mempunyai hubungan positip yaitu makin tinggi koefisien partisi maka makin tinggi ikatan protein plasmanya. Berdasarkan uji t (Pooled t test) dengan cx = 0,05,diperoleh hasil bahwa ada perbedaan yang bermakna antara ikatan protein plasma dan koefisien partisi dari diazepam dengan klordiazepoksid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF. 153/87. Han p
Uncontrolled Keywords: DIAZEPAM
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
Irwan Handoko, 0581...UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPurwanto, DrUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 29 Apr 2013 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 07:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10554
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item