“Studi Deskriptif Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Terbuka Di Surabaya”

Bagus Dwi Prasetiyo (2013) “Studi Deskriptif Self Regulated Learning Pada Mahasiswa Universitas Terbuka Di Surabaya”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN .pdf

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2 DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3 ABSTRAK.pdf

Download (32kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB II)
5 BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (82kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (12kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 2024.

Download (327kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui gambaran self regulated learning pada mahasiswa Universitas Terbuka di Surabaya. Menurut Zimmerman (1989) self-regulated learning merupakan segala kegiatan dan proses untuk mendapatkan informasi yang melibatkan tujuan dan instrumen persepsi dari siswa. Berdasarkan penelitiannya itu pula, disebutkan bahwa strategi belajar self- regulated adalah strategi yang efektif karena menuntut individu untuk aktif dalam proses belajarnya. Penelitian ini dilakukan di Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) di Surabaya. Subyek penelitian ini berjumlah 51 orang yang merupakan mahasiswa Universitas Terbuka yang terdaftar di UPBJJ-UT di kota Surabaya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner self- regulated learning yang diadaptasi dari Naritha, Z. (2007) yang berjumlah 41 item. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dengan bantuan program SPSS 16.00 for windows. Dari hasil analisis data diperoleh hasil bahwa sebanyak 54,9% subyek memiliki self-regulated learning dalam kategori rendah. Sedangkan sisanya sebanyak 45,1% termasuk dalam kategori sedang. Dimensi dengan subyek dengan kategori tinggi paling banyak terdapat pada dimensi personal. Dari hasil analisis indikator juga dapat diketahui bahwa indikator yang direspon dalam kategori tinggi adalah indikator mencari informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: self-regulated learning, Universitas Terbuka
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF698-698.9 Personality
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Bagus Dwi PrasetiyoNIM110511239
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndah Mastuti, -KODEPRODI7320
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 15 Apr 2021 05:11
Last Modified: 15 Apr 2021 05:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105627
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item