Hubungan Keadilan Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Instalasi Medik Rumah Sakit X

Muhammad Baitul Alim (2012) Hubungan Keadilan Organisasi Dengan Kepuasan Kerja Perawat Kontrak Instalasi Medik Rumah Sakit X. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (627kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (604kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (604kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (624kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (605kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (968kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara keadilan organisasi dengan kepuasan kerja pada pekerja kontrak. Kepuasan kerja merupakan perasaan seseorang terhadap pekerjaan mereka dan perbedaan aspek pada pekerjaannya. Ini lebih pada apakah orang tersebut suka atau tidak suka pada pekerjaannya. Sedangkan, keadilan organisasi dalam ilmu sosial didasarkan pada persepsi. Sebuah tindakan yang adil berdasarkan persepsi seseorang yang mereka rasakan bahwa sesuatu itu memang adil. Keadilan organisasi dibagi menjadi empat dimensi yaitu, keadilan prosedur, keadilan distribusi, keadilan interpersonal dan keadilan informasi. Pembuktian hubungan antar dua variabel ini sangat penting, mengingat masih banyaknya kasus ketidakpuasan yang terjadi pada pekerja kontrak. Penelitian ini dilakukan di RSUD Dr. Soetomo Surabaya dengan perawat kontrak sebagai sampel penelitian. Populasi perawat kontrak yang diambil adalah perawat di Instalasi Rawat Inap Medik dengan jumlah 82 orang dan jumlah sampel yang diambil 68 orang. Instrumen kepuasan kerja yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat ukur yang dibuat oleh Spector dengan jumlah butir item sebanyak 36 buah. Instrumen keadilan organisasi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat ukur yang dibuat oleh Colquitt dengan membagi alat ukur menjadi empat dimensi. Keadilan prosedur sebanyak 7 item, keadilan distribusi sebanyak 4 item, keadilan interpersonal sebanyak 4 item dan keadilan informasi sebanyak 5 item. Penghitungan korelasi menggunakan Spearmen’ Rho yang dianalisis melalui program SPSS 16. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menyatakan bahwa masing-masing dimensi keadilan organisasi memiliki hubungan dengan kepuasan kerja. Keadilan prosedur memiliki korelasi 0,5, keadilan distribusi memiliki korelasi 0,51, keadilan interpersonal memiliki korelasi 0,48, keadilan informasi memiliki korelasi 0,54. Hipotesis mayor yang menyatakan hubungan antara keadilan organisasi dengan kepuasan kerja telah dibuktikan dengan nilai koefisien sebesar 0,624, menunjukkan hubungan positif yang mantap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keadilan Organisasi, Kepuasan Kerja, Pekerja Kontrak
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Baitul AlimNIM110710036
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSeger Handoyo, -NIDN0016026602
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 16 Apr 2021 03:09
Last Modified: 16 Apr 2021 03:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105675
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item