Perbedaan Student Engagement Ditinjau Dari Potensi Akademik, Prestasi Belajar Pada Jenjang Sebelumnya Dan Minat Terhadap Jurusan

Eva Indrasari (2014) Perbedaan Student Engagement Ditinjau Dari Potensi Akademik, Prestasi Belajar Pada Jenjang Sebelumnya Dan Minat Terhadap Jurusan. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (421kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (16kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (87kB) | Request a copy
[img] Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (METODOLOGI PENELITIAN)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (HASIL PENELITIAN)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (157kB) | Request a copy
[img] Text (KESIMPULAN SARAN)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2024.

Download (21kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (37kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi akademik, prestasi belajar pada jenjang sebelumnya, dan minat terhadap jurusan merupakan kriteria dan penentuan klasifikasi dalam system peminatan yang digunakan sebagai prediktor keterlibatan siswa (student engagement) dalam proses belajar. Penelitian ini ingin melihat apakah ada perbedaan keterlibatan siswa (student engagement) ditinjau dari potensi akademik, prestasi pada jenjang sebelumnya dan minat terhadap jurusan. Keterlibatan siswa (student engagement) dan minat terhadap jurusan diukur dengan menggunakan kuesioner sedangkan potensi akademik menggunakan skor Tes Potensi Akademik, dan prestasi belajar pada jenjang sebelumnya menggunakan nilai Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah 289 orang siswa SMA kelas X kelompok peminatan Matematika dan IPA di lima sekolah kawasan menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, pengolahan data menggunakan analisis varian tiga jalur dengan bantuan SPSS versi 20.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada perbedaan keterlibatan siswa (student engagement) terkait dengan potensi akademik, prestasi belajar pada jenjang sebelumnya dan minat terhadap jurusan. Secara terpisah maupun bersamasama potensi akademik dan prestasi belajar pada jenjang sebelumnya mengindikasikan secara signifikan perbedaan keterlibatan siswa (student engagement), sedangkan interaksi minat terhadap jurusan baik secara terpisah maupun bersama-sama tidak menunjukkan perbedaan keterlibatan siswa (student engagement).

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: student engagement, potensi akademik, prestasi belajar, minat terhadap jurusan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF636-637 Applied Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Eva IndrasariNIM111214253018
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwin Hendriani, -NIDN0002117802
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 20 Apr 2021 12:20
Last Modified: 20 Apr 2021 12:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105692
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item