Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Remaja Perempuan

Nindya Ayuningtyas (2013) Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecenderungan Body Dysmorphic Disorder Pada Remaja Perempuan. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN .pdf

Download (494kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2 DAFTAR ISI.pdf

Download (141kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3 ABSTRAK.pdf

Download (25kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (211kB)
[img] Text (BAB II)
5 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara konsep diri dengan kecenderungan body dysmorphic disorder pada remaja perempuan. Menurut Hurlock (1997) salah satu tugas perkembangan remaja adalah menerima keadaan fisiknya, namun sulit bagi remaja menerima keadaan fisiknya, sehingga diperlukan waktu untuk menerima perubahan fisik sesuai dengan yang diinginkan. Perubahan fisik pada masa remaja akan membangun citra tubuh tersendiri mengenai tubuh dan penampilan mereka (Santrock, 2003), sehingga melalui citra tubuhlah, konsep diri seseorang akan terbentuk (Asci, 1997). Konsep diri sendiri terbentuk dari berbagai macam komponen, diantaranya adalah identitas diri, perilaku diri, penilaian diri, diri fisik, diri etik-moral, diri pribadi, diri keluarga, dan diri sosial (Fitts, 1971 dalam Agustiani, 2009). Remaja yang cenderung tidak puas dengan penampilan fisiknya lebih mengarahkan dirinya untuk membentuk konsep diri dalam hal fisik. Konsep diri terdiri dari dua macam, yaitu negatif dan positif. Konsep diri yang terbentuk secara negatif akan mengarahkan seseorang pada sebuah gangguan salah satunya adalah kecenderungan body dysmorphic disorder. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan korelasional yang dilakukan pada remaja perempuan yang berada pada rentang usia remaja pertengahan yaitu 15-18 tahun, yang melakukan perawatan di klinik kecantikan di Surabaya sejumlah 60 orang. Kuesioner untuk mengukur kecenderungan body dysmorphic disorder dikembangkan dari karakteristik body dysmorphic disorder oleh Phillips (1991). Kuesioner untuk mengukur konsep diri dikembangkan dari dimensi konsep diri oleh Calhoun (1990). Analisis data dilakukan dengan teknik statistik korelasi product moment dari Pearson. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diperoleh nilai r sebesar -0,568 dengan nilai signifikansi 0,000. Nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dibandingkan nilai probabilitasnya 0,05 (p <0,05) menunjukkan bahwa ada hubungan negatif antara konsep diri dengan kecenderungan body dysmorphic disorder. Hal ini menunjukkan bahwa adanya konsep diri positif, maka semakin rendah kecenderungan body dysmorphic disorder. Sebaliknya, adanya konsep diri negatif, maka semakin tinggi kecenderungan body dysmorphic disorder.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: konsep diri, kecenderungan body dysmorphic disorder, remaja perempuan.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ793-799.2 Youth. Adolescents. Teenagers
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Nindya AyuningtyasNIM110810279
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHamidah, -NIDN0006106303
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 17 Apr 2021 03:41
Last Modified: 17 Apr 2021 03:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105734
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item