Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap

Syafrida Elisa (2013) Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Faktor Pembentuk Sikap. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1 HALAMAN DEPAN .pdf

Download (298kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2 ABSTRAK.pdf

Download (65kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (302kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4 BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB II)
5 BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6 BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7 BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8 BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk sikap guru terhadap pendidikan inklusi ditinjau dari faktor pembentuknya dan mengetahui faktor- faktor pembentuk apa yang mempengaruhi sikap guru terhadap pendidikan inklusi. Faktor sikap guru yang digunakan sebagai acuan pengambilan data dalam penelitian ini bersumber dari studi literatur yang dilakukan oleh Avramidis dan Norwich (2002) yang menyebutkan tiga faktor pembentuk sikap guru, yaitu faktor siswa, faktor guru yang terdiri dari gender, usia dan pengalaman mengajar, tingkat kelas yang diajar, pengalaman kontak dengan siswa berkebutuhan khusus, pelatihan, keyakinan guru, dan pandangan sosio-politik, serta faktor lingkungan pendidikan. Faktor sikap guru lainnya yang digunakan sebagai acuan dalam penelitian ini adalah faktor tipe guru dan level pendidikan yang disebutkan oleh Jobe, Rust, dan Brissie (1996). Penelitian dilakukan pada empat orang subjek yang mengajar di sebuah sekolah inklusi di Surabaya. Informasi mengenai sikap subjek diungkap melalui metode wawancara mendalam sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik dengan melakukan koding terhadap hasil transkrip wawancara dan catatan lapangan yang kemudian di analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bentuk sikap guru yang terdiri dari sikap positif yaitu sikap menerima terhadap pendidikan inklusi, sikap negatif yaitu sikap menolak terhadap pendidikan inklusi, dan sikap netral yang tidak menunjukan arah sikap yang positif atau pun negatif. Faktor yang muncul dalam penelitian ini, yaitu pertama, faktor guru yang terdiri dari latar belakang guru, pandangan terhadap anak berkebutuhan khusus, tipe guru, tingkat kelas, keyakinan guru, pandangan sosio-politik, empati guru, dan gender. Kedua, faktor pengalaman yang terdiri dari pengalaman mengajar anak berkebutuhan khusus dan pengalaman kontak dengan anak berkebutuhan khusus. Ketiga, faktor pengetahuan yang terdiri dari level pendidikan guru, pelatihan, pengetahuan, dan kebutuhan belajar guru. Keempat, faktor lingkungan pendidikan yang terdiri dari dukungan sumber daya, dukungan orang tua dan keluarga, dan sistem sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Sikap Guru, Pendidikan Inklusi, Faktor Pembentuk Sikap Guru
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF309-499 Consciousness, Cognition, Perception, Intuition
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Syafrida ElisaNIM110810216
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAryani Tri Wrastari, -NIDN0024048101
Depositing User: Guruh Haris Raputra, S.Sos., M.M. '-
Date Deposited: 17 Apr 2021 05:55
Last Modified: 17 Apr 2021 05:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/105755
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item