Penyesuaian Perkawinan Pada Individu Yang Menikah Melalui Proses Adat Merariq (Kawin Lari) Di Pulau Lombok

Lenny Marthiana (2011) Penyesuaian Perkawinan Pada Individu Yang Menikah Melalui Proses Adat Merariq (Kawin Lari) Di Pulau Lombok. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (518kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (493kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (502kB)
[img] Text (JURNAL)
4. JURNAL.pdf
Restricted to Registered users only until 23 April 2024.

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
5. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (573kB)
[img] Text (BAB II PERSPEKTIF TEORITIS)
6. BAB II PERSPEKTIF TEORITIS.pdf
Restricted to Registered users only until 23 April 2024.

Download (612kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
7. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V SIMPULAN DAN SARAN)
8. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 April 2024.

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (491kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 23 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penyesuaian perkawinan pada individu yang menikah melalui proses adat merariq (kawin lari) di Pulau Lombok. Penyesuaian perkawinan adalah suatu proses perubahan dalam kehidupan pasangan selama masa perkawinan yang ditandai dengan adanya kesediaan dua pasangan untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan, keinginan, harapan pasangan lainnya, serta adanya kecocokan, persetujuan, dan kepercayaan serta kasih sayang antara suami-istri, sehingga pada hubungan di antara keduanya dapat berjalan dan berfungsi dengan baik. Dengan penyesuaian perkawinan maka akan mencapai taraf yang baik dalam hal kenyamanan relasi yang diperoleh melalui saling memberi dan saling mengambil. Penyesuaian perkawinan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh tokoh Hurlock (1997). Penyesuaian perkawinan yang diteliti dalam penelitian ini meliputi, penyesuaian dengan pasangan, penyesuaian seksual, penyesuaian keuangan, dan penyesuaian terhadap keluarga pasangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus intrinsik. Kriteria subjek dalam penelitian ini adalah: (1) individu yang menikah dengan cara kawin lari (merariq), (2) pernikahan masih bertahan sampai sekarang, (3) subyek berdomisili di Lombok dan sekitarnya, (5) subyek bersedia untuk berpartisipasi dalam penelitian ini. Metode penggalian data yang digunakan adalah wawancara secara mendalam. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tematik, dengan menggunakan koding dari hasil transkrip wawancara yang telah diverbatim. Teknik analisis ini terdiri dari tiga tahapan yaitu open coding, axial coding, selective coding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat subyek mempunyai penyesuaian yang berbeda-beda pada perkawinan yang dijalaninya. Dimana penyesuaian perkawinan yang dijalani masing-masing bersifat unik, sesuai faktor pendukung dan penghambat yang dimiliki. Faktor yang mendukung penyesuaian perkawinannya, yaitu: adanya hubungan komunikasi yang lancar antara subjek dengan pasangan, dapat mengekspresikan afeksinya, dapat menerima keadaan pasangan, dapat mengatasi permasalahan yang terjadi, mampu mengelola keuangan, adanya kebersamaan, dapat melayani dalam berhubungan seksual, adanya penerimaan keluarga pasangan. Faktor yang menghambat penyesuaian perkawinan: kurang lancarnya jalinan komunikasi, tidak dapat menyelesaikan masalah yang ada, kurangnya komunikasi seputar masalah seksual, perasaan tidak adanya penerimaan keluarga pasangan, satu sumber pendapatan dari pasangan, serta tidak dapat menyesuaikan pola hidup keluarga pasangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penyesuaian perkawinan, merariq (kawin lari)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ1001-1006 The state and marriage
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Lenny MarthianaNIM110511185
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDuta Nurdibyanandaru, -NIDN-
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 23 Apr 2021 04:03
Last Modified: 23 Apr 2021 04:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item