PENGARUH KADAR BAHAN PENGIKAT SUKROSA TERHADAP MUTU FISIK DAN LAJU DISOLUSI ORALLY DISINTEGRATING TABLET PIROKSIKAM

ANDI HERMANSYAH, 050112410 (2007) PENGARUH KADAR BAHAN PENGIKAT SUKROSA TERHADAP MUTU FISIK DAN LAJU DISOLUSI ORALLY DISINTEGRATING TABLET PIROKSIKAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-hermansyah-1732-ff1120-k.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-hermansyah-1732-ff112_06.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Selama beberapa tahun terakhir, tuntutan untuk memformulasi sediaan oral yang dapat meningkatkan kepatuhan pasien semakin besar. Tablet, pil dan kapsul yang selama ini digunakan ternyata kurang menguntungkan bagi pasien geriatri dan pediatri karena faktor kesulitan dalam menelan obat. Untuk mengatasi hal ini maka diproduksi suatu tablet yang mampu terdisintegrasi dengan cepat dalam hitungan detik pada rongga mulut dengan bantuan saliva. Tablet tersebut dinamakan Orally Disintegrating Tablet. Pada penelitian ini telah dilakukan serangkaian proses untuk mengetahui pengaruh kadar bahan pengikat sukrosa terhadap mutu fisik dan laju disolusi orally disintegrating tablet piroksikam yang dibuat secara granulasi basah yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam memformulasi orally disintegrating tablet selanjutnya. Bahan pengikat sukrosa ditambahkan dalam bentuk larutan dengan kadar 1%, 3%, 5% dari bobot tablet dan 0% sebagai pembanding. Sebelum dilakukan proses pembuatan tablet, dilakukan uji kualitatif bahan penelitian lalu dilakukan pemeriksaan mutu fisik granul. Pada pemeriksaan mutu fisik granul yang meliputi kecepatan alir, sudut diam, jumlah fines dan kandungan lengas granul menunjukkan bahwa granul memiliki mutu fisik granul yang baik yaitu kecepatan alir lebih dari 10 g/detik, sudut diam yang lebih kecil dari 25° dan jumlah fines antara 10-20 %. Setelah dilakukan pengujian mutu fisik granul, granul dicetak dengan alat pencetak tablet berdiameter 8 mm dengan tekanan sebesar 1/2 ton selama 3 detik. Pemeriksaan mutu fisik tablet yang meliputi : kekerasan, kerapuhan dan waktu disintegrasi tablet seluruhnya memenuhi persyaratan orally disintegrating tablet yang baik yaitu kekerasan tablet antara 0,1-3 kP, kerapuhan tablet kurang dari 1% dan waktu disintegrasi kurang dari 1 menit. Demikian pula dengan keseragaman kandungan piroksikam dalam tablet yang berkisar antara 95-105%. Dari hasil uji disolusi, diketahui bahwa semua formula memenuhi persyaratan laju disolusi untuk piroksikam yaitu T75% = 45 menit (75% obat terlarut dalam waktu 45 menit). Berdasarkan analisis statistik ANAVA CRD pada derajat kepercayaan 0,95 (a=0,05) menggunakan program SPSS 11.5 diketahui untuk kekerasan, kerapuhan dan waktu disintegrasi terdapat perbedaan yang bermakna antar formula sedang pada laju tidak terdapat adanya perbedaan bermakna antar formula. Dari seluruh pemeriksaan yang telah dilakukan, formula 2 dengan kadar sukrosa 1% sebagai bahan pengikat memberikan kekerasan, kerapuhan, waktu disintegrasi dan laju disolusi yang optimal dan memenuhi persyaratan dari seluruh formula orally disintegrating tablet yang diteliti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF.112/06 Her p
Uncontrolled Keywords: PIROXICAM; SUCROSE
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA1-418.5 Medicine and the state > RA407-409.5 Health status indicators. Medical statistics and surveys
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ANDI HERMANSYAH, 050112410UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorBAMBANG WIDJAJA, Drs. M.Si., Apt.UNSPECIFIED
ContributorACHMAD RADJARAM, Drs., MS., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 22 Aug 2006 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 19:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10608
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item