Perbedaan Tingkat Depresi Antara Penderita Diabetes Mellitus yang Berorientasi Internal Locus of Control Dengan Penderita Diabetes Mellitus yang Berorientasi External Locus of Control

Shinta Dewi Puspitasari (2012) Perbedaan Tingkat Depresi Antara Penderita Diabetes Mellitus yang Berorientasi Internal Locus of Control Dengan Penderita Diabetes Mellitus yang Berorientasi External Locus of Control. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (942kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (596kB)
[img] Text (ABSTRAK)
3. ABSTRAK.pdf

Download (611kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (634kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (720kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (620kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan tingkat depresi antara penderita diabetes mellitus yang berorientasi internal locus of control dengan penderita diabetes mellitus yang berorientasi external locus of control. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah locus of control yang terdiri dari dua orientasi, internal dan external locus of control. Locus of control yang dimaksud adalah keyakinan individu mengenai sumber penyebab peristiwa yang terjadi dalam hidupnya berasal dari dalam dirinya (internal control) atau dari luar dirinya (external control). Variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah tingkat depresi. Depresi merupakan suatu kondisi emosional individu yang ditandai dengan simtom-simtom yang meliputi gangguan emosi, motivasi, fungsional, dan gerakan tingkah laku serta kognisi. Penelitian ini dilakukan pada pasien diabetes mellitus dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 31 orang, yang terdiri atas 13 pasien laki-laki dan 18 pasien perempuan. Alat pengumpulan data berupa kuisioner Beck depression Inventory II yang terdiri dari 21 butir dan kuisioner IPC Levenson yang terdiri dari 24 butir. Uji reliabilitas alat ukur dilakukan menggunakan Cronbach Alpha dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Koefisien reliabilitas skala locus of control yang diperoleh dalam penelitian adalah ρα = 0,913 yang berarti bahwa seluruh pertanyaan dalam skala locus of control reliabel, sedangkan uji reliabilitas skala Beck Depression Inventory II yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan adalah ρα = 0,907 yang berarti bahwa seluruh pertanyaan dalam skala Beck Depression Inventory II reliabel. Analisa data dilakukan dengan uji statistik parametrik uji t dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Dari hasil analisa data penelitian menggunakan uji t didapatkan nilai t0 = 5,021 dengan p ≤ 0,001. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat depresi antara penderita diabetes mellitus yang berorientasi internal locus of control dengan penderita diabetes mellitus yang berorientasi external locus of control. Berdasarkan nilai mean dapat disimpulkan bahwa penderita diabetes mellitus yang berorientasi external locus of control mempunyai tingkat depresi yang lebih tinggi dibandingkan dengan penderita diabetes mellitus yang berorientasi internal locus of control.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Locus Of Control, Depresi, Diabetes Mellitus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Shinta Dewi PuspitasariNIM110710254
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Retno S., -NIDN0022027102
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 26 Apr 2021 03:19
Last Modified: 26 Apr 2021 03:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106173
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item