Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Kota Surabaya (Studi Deskriptif tentang Kebijakan Pemerintah Kota dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional)

Retno Safitri (2016) Implementasi Program Jaminan Kesehatan Nasional Di Kota Surabaya (Studi Deskriptif tentang Kebijakan Pemerintah Kota dalam Percepatan Pembangunan Kesehatan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (569kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (556kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II GAMBARAN UMUM.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6. BAB III ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (541kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2024.

Download (881kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Surabaya, yang dilatarbelakangi adanya kebijakan pemerintah kota sebagai bentuk refleksi dari tindakan politik dengan dibuatnya Peraturan Walikota Surabaya nomor 67 tahun 2014 tentang "Pemanfaatan dana non kapitasi Jaminan Kesehatan Nasional pada Puskesmas Kota Surabaya" dan juga mengetahui peranan dari stakeholder. Adanya permasalahan yang timbul dalam implementasi program Jaminan Kesehatan Nasional di Kota Surabaya ini adalah dari segi pelayanan, kepesertaan, administrasi serta pendanaan. Teori yang digunakan sebagai landasan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan oleh Merilee S. Grindle sebagai suatu proses politik dan administrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Kota Surabaya dengan subjek penelitiannya adalah dari pihak pemerintah kota yaitu Dinas Kesehatan Kota Surabaya, dan dari pihak stakeholder yang terdiri dari DPRD Kota Surabaya, IDI Kota Surabaya, Puskesmas Balongsari, dan beberapa masyarakat sebagai peserta dari program Jaminan Kesehatan Nasional. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara secara mendalam dengan bertanya langsung kepada informan dan berpedoman pada pedoman wawancara Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, peran dan upaya pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Kesehatan telah melakukan sebagaimana tugasnya dalam ikut serta menyukseskan jalannya program Jaminan Kesehatan Nasional, yakni melalui berbagai upaya mulai dari sosialisai hingga evaluasi. Kedua, peranan dari stakeholder yang turut berperan aktif terhadap program Jaminan Kesehatan Nasional, meskipun tidak ada keterlibatan stakeholder secara lang sung dalam pembuatan peraturan. Sehingga program Jaminan Kesehatan Nasional ini bersifat top-down karena merupakan program dari pemerintah pusat, artinya implementasi program Jaminan Kesehatan NasionaI ini terdapat kekuasaan oleh pemerintah pusat dalam mengatur kesehatan masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, kebijakan, stakeholder, Jaminan Kesehatan Nasional, Kota Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG9371-9399 Health insurance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Creators:
CreatorsNIM
Retno SafitriNIM071211331012
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAli Sahab, -NIDN0003068201
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:44
Last Modified: 27 Apr 2021 03:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106255
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item