Preferensi Remaja Kelas Menengah Dalam Menggunakan Media Massa Di Kota Mojokerto

Yuni Kristinawati (2016) Preferensi Remaja Kelas Menengah Dalam Menggunakan Media Massa Di Kota Mojokerto. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (759kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (695kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (805kB)
[img] Text (PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN .pdf

Download (1MB)
[img] Text (GAMBARAN UMUM)
5. BAB II GAMBARAN UMUM .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ANALISA DATA)
6. BAB III ANALISA DATA .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (DISKUSI TEORITIK)
7. BAB IV DISKUSI TEORITTIK .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text (PENUTUP)
8. BAB V PENUTUP .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (633kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (791kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only until 28 April 2024.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi remaja kelas menengah di kota Mojokerto dalam memilih media massa. Remaja menengah sebagai khalayak media massa merupakan khalayak aktif yang memiliki tujuan tertentu dalam penggunaan media massa. Media massa menginformasikan gaya hidup remaja perkotaan melalui program acara televisi, radio, majalah, internet, dan sebagainya. Sehingga keinginan sese orang untuk tampil sarna dengan apa yang dilihat di media tersebut mendorong sifat konsumtifnya. Untuk menjelaskan hal ini, peneliti menggunakan teori uses and gratification (pendekatan fungsionalis) yang menempatkan audiens sebagai pus at penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe deskriptif dan ketiga e1emen pada riset audiens ini (audience profil, media exposure, dan audience rating) ditampilkan dalam bentuk kuesioner sebagai instrumen penelitian untuk mengumpulkan data mengenai preferensi remaja kelas menengah di kota Mojokerto dalam menggunakan media massa. Hasil temuan data di lapangan menyatakan, remaja di kota Mojokerto memiliki preterensi terhadap penggunaan media massa Internet dan Televisi. Stasiun televisi yang paling sering diakses dan disukai adalah NET TV dan MNC TV. Sedangkan rubrik internet yang paling disukai mayoritas remaja, baik perempuan dan laki-Iaki adalah rubrik gaya hidup dan kesehatan. Siaranlrubrik yang paling sering ditonton baik perempuan dan laki-laki adalah adalah Sinetron. Website/jejaring sosial/messanger yang paling sering deiakses dan disukai oleh remaja adalah jejaring sosial. Dengan adanya pene1itian preferensi remaja di kota Mojokerto dalam menggunakan media massa ini dapat diperoleh informasi yang dapat dijadikan data dasar untuk menganalisis atau mengekplorasi lebih dalarn tentang penggunaan media massa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FIS. K. 24/16 Kri p
Uncontrolled Keywords: Preterensi Remaja, Uses and Gratification, Kelas Menengah, Mojokerto
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Q Science > Q Science (General) > Q223-227 Communication in Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Yuni KristinawatiNIM071211531017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia I., -NIDN0030128401
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 29 Apr 2021 21:13
Last Modified: 29 Apr 2021 21:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106303
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item