Potensi Bahaya Dan Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Menggunakan Gondola (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jembatan Brantas PT Adhi Karya (Persero) Tbk)

Sheila Marina (2015) Potensi Bahaya Dan Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja Pada Pekerjaan Menggunakan Gondola (Studi Kasus Proyek Pembangunan Jembatan Brantas PT Adhi Karya (Persero) Tbk). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text (ABSTRACT)
2. ABSTRACT.pdf

Download (136kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (83kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III KERANGKA KONSEPTUAL)
6. BAB III KERANGKA KONSEPTUAL.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV METODE PENELITIAN)
7. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V HASIL PENELITIAN)
8. BAB V HASIL PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PEMBAHASAN)
9. BAB VI PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text (BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN)
10. BAB VII KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
12. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Potensi bahaya adalah sumber risiko potensial yang dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan kerja. Upaya pencegahan kecelakaan kerja sangat dipedukan untuk meminimalkan risiko kecelakaan keIja. Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi bahaya dan mempelajari upaya pencegahan kecelakaan kerja pada pekerjaan menggunakan gondola di proyek pembangunan jembatan Brantas PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subyek dalam penelitian ini adalah petugas K3L, teknisi gondola dan 4 pekerja gondola. Sedangkan, variabel yang diteliti, yaitu potensi bahaya dan upaya pencegahan kecelakaan kerja yang meliputi: peraturan perundangan, standarisasi, inspeksi, penelitian bersifat teknik, riset medis, penelitian psikologis, penelitian secara statistik, pendidikan, pelatihan, penggairahan, asuransi dan llsaha keselamatan pada tingkat perusahaan. Data primer diperoleh dengan cara wawancara dan observasi di lapangan. Data yang sudah terkumplli dianalisis secara deskriptif dengan narasi. Data sekunder juga diperoleh dari dokumen-dokumen yang tersedia di PT Adhi Karya (Persero) Tbk. Hasil penelitian menunjukan bahwa potensi bahaya yang terdapat pada pekerjaan menggunakan gondola, yaitu besi yang berserakan, pekerja tidak menggunakan full body harness atau pekeIja menggunakan full body harness, tetapi land yard tidak dikaitkan pada apapun, pekerja tidak menggunakan pelampung pada saat bekerja di atas sungai, pekerja tidak menggunakan sarung tangan. kacamata dan helm, pekerja merokok saat bekerja, instalasi listrik yang kurang sesuai standar, kabel yang mengelupas, pekerja bergllrau saat bekerja, pekeIja tidak sengaja menjatuhkan besi/pipa dari ketinggian dan tidak tersedianya jaring pengaman. Sedangkan, upaya pencegahan kecelakaan ketja yang telah dilakukan perusahaan meliputi: peraturan perundangan, inspeksi gondola, penelitian secara statistik terhadap kecelakaan kerja, penggairahan berupa pemasangan rambu K3, asuransi berupa jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian serta usaha keselamatan pada tingkat perusahaan berupa safety induction dan safety morning talk. Perusahaan disarankan untuk membuat standarisasi mengenai pekerjaan di ketinggian dan bekerja menggunakan gondola secara aman, melakukan penelitian bersifat teknik, riset medis dan penelitian psikologis serta memberikan pendidikan dan pelatihan kepada pekerja gondola. Sehingga, pelaksanaan upaya pencegahan kecelakaan kerja pada pekerjaan menggunakan gondola di proyek pembangunan jembatan Brantas PT Adhi Karya (persero) Tbk dapat dimaksimalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FV HK 14-15 Mar p
Uncontrolled Keywords: Potensi Ballaya, Pencegahan Kecelakaan Kerja, Gondola
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV7231-9960 Criminal justice administration > HV7551-8280.7 Police. Detectives. Constabulary > HV8031-8080 Police duty. Methods of protection > HV8079.5-8079.55 Traffic control. Traffic accident investigation
T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Sheila MarinaNIM101210113032
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 29 Apr 2021 21:32
Last Modified: 29 Apr 2021 21:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106403
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item