Analisis Strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-Course Chemotherapy) dengan HBM (Health Belief Model) dan Konsep CCB (Community Capacity Building) untuk Membentuk Perilaku Preventif TB (Tuberculosis) pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pegirian Kota Surabaya

Kuinnanti Husniyah (2013) Analisis Strategi DOTS (Directly Observed Treatment Short-Course Chemotherapy) dengan HBM (Health Belief Model) dan Konsep CCB (Community Capacity Building) untuk Membentuk Perilaku Preventif TB (Tuberculosis) pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Pegirian Kota Surabaya. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (689kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (691kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (724kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (811kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (767kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (683kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit tuberkulosis masih menjadi masalah di wilayah kerja Puskesmas Pegirian yang notabene adalah kawasan penduduk miskin beretnik Madura. Di Indoenesia, penanganan TB dilakukan dengan Strategi DOTS, yang menuntut kesadaran penderita untuk mengobatkan sendiri penyakitnya ke layanan kesehatan. Guna mengupayakan hal ini, Strategi DOTS menyebutkan aspek komitmen pemerintah yang berjenjang dan pemberdayaan masyarakat dalam komponennya. Harapannya, pelibatan masyarakat ini akan mempercepat diketahuinya informasi TB oleh masyarakat. Namun sayangnya, meskipun bertahun-tahun DOTS telah dilaksanakan, tetapi tidak semua masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Pegirian mengetahui informasi TB dan cara penyembuhannya. Adalah CCB (Community Capacity Building) sebuah konsep yang dapat digunakan untuk mengetahui kemampuan-kemampuan yang tersimpan dalam komunitas. Sementara HBM (Health Belief Model) adalah teori yang dapat digunakan memprediksikan dilakukannya perilaku pencegahan TB. Guna mengetahui secara mendalam duduk permasalahan TB di wilayah ini, peneliti mengunakan metode penelitian kualitatif instrumental. Agar diperolehnya gambaran komponrn-komponen komunitas beserta sistem keyakinannya, maka penelitian ini dilakukan di wilayah RT 4 RW 9 Kelurahan Ujung. Pengambilan data dilakukan dengan interviu, observasi dan FGD dengan partisipan komunitas ini. Sebenarnya, sistem kerja dari DOTS ini telah memfasilitasi puskesmas untuk mendapatkan gambaran dan terbentuknya keyakinan kesehatan untuk melakukan pencegahan. Namun karena implementasi DOTS yang tidak optimal, maka penyuluhan belum dilakukan secara maksimal. Padahal, penyuluhan merupakan aspek utama dari upaya pengubahan keyakinan kesehatan masyarakat, karena melalui penyuluhan, masyarakat akan mendapatkan pengalaman yang cukup mengenai penyakit TB. Melalui konsep HBM, puskesmas dapat mengupayakan pembentukan perilaku preventif TB di masyarakat dengan membangun persepsi kerentanan masyarakat akan penyakit TB, kehebatan penyakit TB, dan keuntungan bila melakukan pencegahan. Penggunaan konsep HBM untuk membentuk perilaku komunitas ini akan maksimal dengan menerapkan juga konsep CCB untuk mengetahui berbagai komponen komunitas yang dapat dimanfaatkan membentuk perilaku kesehatan komunitas tersebut. Berdasarkan pandangan konsep HBM dan CCB, maka dimensi yang dapat dimanfaatkan oleh puskesmas ialah dimensi kepemimpinan dan partisipasi, sumber daya (khususnya modal sosial), pemahaman terhadap sejarah komunitas, rasa menjadi bagian dari komunitas dan nilai-nilai yang berlaku dalam komunitas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Strategi DOTS di Wilayah Kerja Puskesmas Pegirian; Konsep CCB (Community Capacity Buiding); HBM (Helath Belief Model)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Kuinnanti HusniyahNIM111142009
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudaryonoUNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Apr 2021 03:25
Last Modified: 05 May 2021 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106425
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item