Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Classwide Peer Tutoring (CWPT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik MI Al Bukhori

Prima Endri Rakhmayani (2013) Efektivitas Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Classwide Peer Tutoring (CWPT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Peserta Didik MI Al Bukhori. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (652kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (638kB)
[img] Text
3. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (680kB)
[img] Text
4. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (900kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (839kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
8. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (619kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pemilihan strategi atau model pembelajaran yang tepat dapat membantu meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan kemampuannya dalam memahami pelajaran. Metode pembelajaran kooperatif tipe Classwide Peer Tutoring (CWPT) merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang selama ini mendapatkan pengajaran yang monoton sehingga dapat menurunkan motivasi belajarnya. Dalam metode pembelajaran CWPT ini, peserta didik bekerja secara berpasangan, berperan sebagai tutor (yang bertanya) dan tutee (yang menjawab). Bila tutee dapat menjawab dengan benar tutee akan memperoleh poin, tetapi bila salah menjawab atau tidak bisa menjawab tutee diperlihatkan jawaban dari pertanyaan yang diajukan tutor, lalu tutee menuliskan jawaban tersebut sebanyak tiga kali dan membacakan jawaban tersebut dengan benar. setiap 10 menit tutor dan tutee bertukar peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode Pembelajaran Kooperatif tipe CWPT untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik Madrasah Ibtidaiyah Al Bukhori. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimental kuasi dengan desain eksperimen one group pretest posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 MI Al Bukhori yang berjumlah 22 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe CWPT dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik MI Al Bukhori yang terlihat dari hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon menunjukkan taraf signifikansi p=0,00 (p < 0,05). Hal ini menandakan bahwa Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis kerja) diterima. Sehingga kesimpulannya penggunaan metode pembelajaran kooperatif tipe CWPT efektif untuk meningkatkan motivasi belajar pada peserta didik MI Al Bukhori.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Motivation to Learn, Cooperative Learning Methods Type CWPT
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Prima Endri RakhmayaniNIM111041012
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 May 2021 02:29
Last Modified: 04 May 2021 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106590
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item