Efektifitas Pemberian Psikoedukasi tentang Depresi Perinatal untuk Meningkatkan Pengetahuan Bidan dalam Penanganan Depresi Perinatal di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro

Yuanita Rosalina Dewi (2012) Efektifitas Pemberian Psikoedukasi tentang Depresi Perinatal untuk Meningkatkan Pengetahuan Bidan dalam Penanganan Depresi Perinatal di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (622kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (689kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (802kB)
[img] Text
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (731kB)
[img] Text
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (936kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (709kB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah kesehatan pada ibu dan bayi yang cukup tinggi di tahun 2011, dugaan adanya kasus depresi perinatal di Kecamatan Balen, serta penelitian pendahuluan mengenai pengetahuan Bidan di Kecamatan Balen yang cenderung rendah mengenai depresi perinatal, maka peneliti ingin melakukan penelitian yang lebih mendalam mengenai pengetahuan Bidan pada Depresi Perinatal. Depresi Perinatal adalah perasaan negatif yang menetap dan bertambah parah serta merujuk pada episode depresi mayor dan minor yang muncul selama kehamilan dan atau 12 bulan sesudah melahirkan (Gaynes, 2005). Tipe penelitian yang dilakukan adalah True Experimental Design dengan desain penelitian Before-After Research Design. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjawab rumusan masalah, yaitu apakah pemberian psikoedukasi tentang Depresi Perinatal yang diberikan pada bidan di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro efektif untuk meningkatkan pengetahuannya dalam penanganan Depresi Perinatal. Penelitian ini dilakukan pada bidan di Kecamatan Balen sejumlah 25 orang. 13 orang di kelompok eksperimen, yang mana pada prosesnya gugur 1, sehingga tinggal 12 orang dan 12 orang pada kelompok kontrol, dimana dalam prosesnya gugur 1, sehingga tinggal 11 orang. Dari analisa data menggunakan Analisis Kovarians dengan program SPSS 16.0 for Windows didapatkan hasil bahwa nilai F (4,30) = 10,520, p = 0,004, maka dapat dinyatakan bahwa ada perbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Arah perubahan dari pretes dan posttest dapat ditunjukkan dengan nilai perbandingan antara pretes dan postes yaitu nilai B = 0,443, nilai dari B pretes adalah positif, hal ini mengindikasikan bahwa adanya perubahan berupa peningkatan nilai dari pretes ke posttest.Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu pemberian psikoedukasi tentang Depresi Perinatal yang diberikan pada bidan di Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro efektif untuk meningkatkan pengetahuannya dalam penanganan Depresi Perinatal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Psychoeducation, Perinatal Depression, Knowledge, Midwife
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S2 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Yuanita Rosalina DewiNIM111041029
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 04 May 2021 02:57
Last Modified: 04 May 2021 02:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106600
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item