Manajemen Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Dengan Sistem Super Intensif Di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (Bbpbap) Jepara, Jawa Tengah

Novi Asri Amanatur Rohma (2016) Manajemen Kualitas Air Pada Budidaya Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Dengan Sistem Super Intensif Di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (Bbpbap) Jepara, Jawa Tengah. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (179kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK .pdf

Download (117kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (117kB)
[img] Text (BAB I)
4. BAB I .pdf

Download (145kB)
[img] Text (BAB II)
5. BAB II .pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6. BAB III .pdf

Download (544kB)
[img] Text (BAB IV)
7. BAB IV .pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8. BAB V .pdf

Download (554kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (300kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN .pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan bandeng merupakan salah satu komoditas yang memiliki keunggulan komparatif dan strategis dibandingkan komoditas perikanan Iainnya karena teknologi pembesaran dan pembenihannya telah dikuasai dan berkembang di masyarakat, persyaratan hidupnya tidak memerlukan kriteria kelayakan yang tinggi karena toleran terhadap perubahan mutu lingkungan dan merupakan sumber protein ikan yang potensial bagi pemenuhan gizi serta pendapatan masyarakat petambak. Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah untuk mempelajari secara Iangsung bagaimana manajemen kualitas air pada budidaya ikan bandeng (Chanos chanos) dengan sistem super intensif di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Jawa Tengah dan untuk mengetahui parameter kualitas air yang sesuai pada budidaya ikan bandeng secara super intensif di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Jawa Tengah. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode partisipasi aktif dengan teknik pengambilan data meliputi data primer. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, partisipasi aktif, dan wawancara. Manajemen kualitas air pada budidaya ikan bandeng meliputi pengaliran air dari laut ke dalam kanallsungai kemudian dimasukkan ke kolam penampungan Ialu ke kolam pembesaran. Air dari kolam pembesaran dibuang ke kolam pembuangan untuk selanjutnya dikeluarkan kembali ke kanallsungai yang menuju ke Iaut Iepas. Parameter kualitas air yang terukur selama proses budidaya ikan bandeng pada kolam super intensif di BBPBAP Jepara antara lain Suhu rata-rata yaitu 30,84°C, pH rata-rata yaitu 6,96, DO rata-rata yaitu 5,55 mg/I, kecerahan 50 cm, salinitas sebesar 21 ppt, nitrit sebesar 0,0495 mg/I, nitrat sebesar 0,026 mg/I, ammonia sebesar 0,000 mg/l, phospat sebesar 0,588 mg/I, dan alkalinitas sebesarl06,595 mg/I.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Air, Budidaya Ikan Bandeng, Sistem Super Intensif
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Budidaya Perairan
Creators:
CreatorsNIM
Novi Asri Amanatur RohmaNIM1413111331113
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPutri Desi Wulan SariNIDN0008128603
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 23 Sep 2021 07:09
Last Modified: 23 Sep 2021 07:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106892
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item