PERBEDAAN STUDENT ENGAGEMENT DITINJAU DARI POTENSI AKADEMIK, PRESTASI BELAJAR PADA JENJANG SEBELUMNYA DAN MINAT TERHADAP JURUSAN

EVA INDRASARI (2014) PERBEDAAN STUDENT ENGAGEMENT DITINJAU DARI POTENSI AKADEMIK, PRESTASI BELAJAR PADA JENJANG SEBELUMNYA DAN MINAT TERHADAP JURUSAN. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (453kB)
[img] Text
2. ABSTRAK .pdf

Download (34kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI .pdf

Download (55kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
5. BAB 2 .pdf
Restricted to Registered users only until 8 May 2024.

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only until 8 May 2024.

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only until 8 May 2024.

Download (342kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only until 8 May 2024.

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (124kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Eva Indrasari, 111214253018, Perbedaan student engagement berdasarkan potensi akademik, prestasi belajar pada jenjang sebelumnya, dan minat terhadap Jurusan, Tesis, Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya, 2014. xxi+ 211 halaman, 10 lampiran. Potensi akademik, prestasi belajar pada jenjang sebelumnya, dan minat terhadap jurusan merupakan kriteria dan penentuan klasifikasi dalam sistem peminatan yang digunakan sebagai prediktor keterlibatan siswa (student engagement) dalam proses belajar. Penelitian ini ingin melihat apakah ada perbedaan keterlibatan siswa (student engagement) ditinjau dari potensi akademik, prestasi pada jenjang sebelumnya dan minat terhadap jurusan. Keterlibatan siswa (student engagement) dan minat terhadap jurusan diukur dengan menggunakan kuesioner sedangkan potensi akademik menggunakan skor Tes Potensi Akademik, dan prestasi belajar pada jenjang sebelumnya menggunakan nilai Ujian Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama. Subjek penelitian adalah 289 orang siswa SMA kelas X kelompok peminatan Matematika dan IPA di lima sekolah kawasan menggunakan cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey, pengolahan data menggunakan analisis varian tiga jalur dengan bantuan SPSS versi 20.0 for Windows. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada perbedaan keterlibatan siswa (student engagement) terkait dengan potensi akademik, prestasi belajar pada jenjang sebelumnya dan minat terhadap jurusan. Secara terpisah maupun bersamasama potensi akademik dan prestasi belajar pada jenjang sebelumnya mengindikasikan secara signifikan perbedaan keterlibatan siswa (student engagement), sedangkan interaksi minat terhadap jurusan baik secara terpisah maupun bersama-sama tidak menunjukkan perbedaan keterlibatan siswa (student engagement). Kata Kunci: student engagement, potensi akademik, prestasi belajar, minat terhadap jurusan. Daftar Pustaka, 62, 1985-2013.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: student engagement, potensi akademik, prestasi belajar, minat terhadap jurusan. Daftar Pustaka, 62, 1985-2013.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
EVA INDRASARI111214253018
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWIWIN HENDRIANINIDN0002117802
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 08 May 2021 02:55
Last Modified: 08 May 2021 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/106959
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item