PENGARUH PROPILENGLIKOL TERHADAP KARAKTERISTIK SEDIAAN DAN PENETRASI NATRIUM DIKLOFENAK DALAM BASIS VANISHING CREAM (Penetrasi Menggunakan Membran Kulit Tikus Wistar)

Rima Hartiani Purnomowati, 050610171 (2010) PENGARUH PROPILENGLIKOL TERHADAP KARAKTERISTIK SEDIAAN DAN PENETRASI NATRIUM DIKLOFENAK DALAM BASIS VANISHING CREAM (Penetrasi Menggunakan Membran Kulit Tikus Wistar). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
cover ok.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-purnomowat-16287-ff1011-p.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-purnomowat-16287-ff1011-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Natrium diklofenak adalah salah satu obat golongan Nonsteroidal Antiinflamatory Drugs (NSAIDs) yang mampu menghambat cyclooksigenase yang relatif nonselektif dan kuat. Sampai saat ini masih digunakan sebagai pengobatan arthritis rheumatoid, osteoartriris dan sakit musculoskeletal akut. Natrium diklofenak mengalami metabolisme lintas pertama dalam tubuh dan memiliki efek samping mampu mengiritasi lambung. Natrium diklofenak permeabel terhadap kulit karena bersifat lipofil, oleh karena itu natrium diklofenak per topikal mulai banyak dipilih sebagai rute alternatif. Krim o/w merupakan salah satu macam sediaan yang banyak digunakan karena krim tipe o/w memiliki kelebihan mudah tercucikan, serta dapat memberikan sensasi dingin ketika terjadi penguapan air pada fase luar. Natrium diklofenak mempunyai karakteristik sangat sedikit larut dalam air dan memiliki harga Koefisien Partisi (P) yang besar yaitu 13,4 (Budavari, 1996). Kedua karakteristik fisikokimia tersebut menggambarkan bahwa natrium diklofenak memiliki sifat yang hidrofobik. Dengan sifat yang hidrofob tersebut natrium diklofenak akan sukar larut dalam basis krim o/w, sehingga jumlah bahan obat yang berpenetrasi tidak bisa optimal. Penambahan enhancer dalam formula sediaan krim seperti propilen glikol adalah salah satu upaya untuk meningkatkan penetrasi natrium diklofenak ke dalam kulit. Melalui mekanismenya sebagai kosolven, dengan adanya propilenglikol maka kelarutan natrium diklofenak dalam basis akan meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF 10/11 Pur p
Uncontrolled Keywords: Propylene glycol
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > RS Pharmacy and materia medica > RS1-441 Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmastika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Rima Hartiani Purnomowati, 050610171UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTutiek Purwanti, Dra.,Apt.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 16 Aug 2011 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 11:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10732
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item