PENGARUH PERSEPSI ATAS KARAKTERISTIK GROUP BAND PETERPAN SEBAGAI ENDORSER IKLAN KARTU PRABAYAR XL BEBAS DI TELEVISI TERHADAP NIAT BERPERILAKU REMAJA DI GRESIK

RETNO WAHYU PORWANTI, 040237646 (2006) PENGARUH PERSEPSI ATAS KARAKTERISTIK GROUP BAND PETERPAN SEBAGAI ENDORSER IKLAN KARTU PRABAYAR XL BEBAS DI TELEVISI TERHADAP NIAT BERPERILAKU REMAJA DI GRESIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-porwantire-2896-b147_06.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-porwantire-2896-b147_06.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Periklanan merupakan suatu usaha untuk memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada masyarakat atau konsumen dengan tujuan memasarkan atau menjual. Di Indonesia periklanan telah ada sejak jaman Hindia-Belanda dan mengalami perkembangan sangat pesat selaras dengan berkembangnya teknologi. Dalam pembuatan iklan penggunaan selebriti sebagai endorser sangat diminati oleh produsen karena pesan yang disampaikan oleh sumber yang menarik seperti selebriti yang sedang populer akan mendapat perhatian yang lebih besar dan mudah diingat. Salah satu iklan yang menggunakan selebriti endorser adalah iklan kartu prabayar XL Bebas, iklan ini menggunakan group band Peterpan sebagai endorser. Persamaan segmen yang dibidik XL hampir sama dengan mayoritas penggemar Peterpan yang kebanyakan adalah remaja, dan diharapkan persepsi atas karakteristik group band Peterpan sebagai endorser iklan kartu prabayar XL Bebas di televisi dapat berpengaruh terhadap niat berperilaku (behavioral intentions) remaja. Berdasarkan kenyataan di atas, digunakan analisis canonical correlation untuk menguji pengaruh persepsi atas karakteristik group band Peterpan sebagai endorser iklan kartu prabayar XL Bebas di televisi yang terdiri dari attractiveness, likability, trustworthiness dan expertise terhadap niat berperilaku remaja di Gresik berupa product switching or complaining behavior, favorable or positive word of mouth dan brand loyalty. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah terbukti bahwa persepsi atas karakteristik group band Peterpan berpengaruh terhadap keseluruhan dimensi dari niat berperilaku (behavioral intentions) terutama niat remaja yang berupa favorable or positive word of mouth dengan tingkat signifikansi pada uji univariate sebesar 0,000 dan angka cross-loading 0,928. Melihat hasil temuan di atas, bahwa persepsi atas karakteristik endorser berpengaruh terhadap niat berperilaku remaja, maka sebaiknya dilakukan pemilihan selebriti endorser yang tepat dengan produk yang diiklankan sebab karakteristik endorser akan melekat pada merek. Semakin baik persepsi atas karakteristik selebriti endorser maka semakin besar pula niat berperilaku remaja untuk mengurangi product switching or complaining behavior, meningkatkan niat favorable or positive word of mouth dan niat untuk brand loyalty.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 147/06 Por p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions > HC79 Special topics-Including air pollution, automation,consumer demand, famines, flow of funds,etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsEmail
RETNO WAHYU PORWANTI, 040237646UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorTANTI HANDRIANA, SE., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Luluk Lusiana
Date Deposited: 16 Nov 2006 12:00
Last Modified: 19 Sep 2016 06:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1074
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item