Konsep Diri Remaja Hamil Di Luar Nikah Yang Menjadi Single Mother (Studi Pada Remaja Hamil Di Luar Nikah Dalam Memaknai Pengalaman Dan Hubungan Sosialnya Di Kota Mojokerto)

Noviana Zuhairini (2020) Konsep Diri Remaja Hamil Di Luar Nikah Yang Menjadi Single Mother (Studi Pada Remaja Hamil Di Luar Nikah Dalam Memaknai Pengalaman Dan Hubungan Sosialnya Di Kota Mojokerto). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
1. HALAMAN JUDUL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (60kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only until 17 July 2024.

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only until 17 July 2024.

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only until 17 July 2024.

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
8. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only until 17 July 2024.

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKABUKU.pdf

Download (61kB)
[img] Text
KKB KK-2 Fis.S.44-21-Embargo Perpus-071711433024-Noviana Zuhairini - noviana zuhairini.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kehamilan di luar nikah menjadi salah satu penyimpangan yang seringkali terjadi pada remaja yang dipicu oleh beberapa faktor. Seringkali mereka yang melakukan perbuatan tersebut mendapatkan diskriminasi dan label buruk dari masyarakat. Memiliki status sebagai remaja yang menyimpang tentunya akan mengubah pandangan orang lain terhadap dirinya. Selain itu juga akibat pernikahan yang dilakukan karena keterpaksaan dan persiapan yang belum matang dalam berkeluarga tak jarang para remaja menempuh jalur perceraian di usia pernikahan yang masih seumur jagung. Menjadi seorang single mother juga memberikan pandangan tersendiri di masyarakat, pandangan tersebut lebih condong terhadap pandangan negatif. Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana remaja tersebut dapat menjalankan kehidupannya dengan kedua status tersebut di usia muda. Hal inilah yang kemudian peneliti anggap menarik, peneliti ingin mengetahui lebih dalam bagaimana konsep diri pada remaja tersebut melalui pengalamannya dan hubungan dirinya dengan lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan mengggunakan paradigma definisi sosial. Pengumpulan data dilakukan melalui indepth interview atau wawancara mendalam. Dalam penelitian ini terdapat 7 orang informan yang memiliki pengalaman langsung terkait kehamilan di luar nikah dan menjadi seorang single mother dengan teknik penentuan informan secara snowball yang selanjutnya data akan dianalisis dengan menggunakan teori interaksionisme simbolik dari George Herbert Mead dan Konsep diri (looking glass self) yang dikemukakan oleh Charles Horton Cooley.Hasil penelitian menunjukkan konsep diri remaja hamil di luar nikah yang menjadi seorang single mother berdasarkan hasil dari interaksi sosial dengan keluarga maupun masyarakat membuat remaja tersebut menginterpretasikan dan membuat imajinasi atau gambaran mengenai cara pandang terhadap dirinya terdapat dua konsep diri yakni konsep diri tidak dikehendaki dan konsep diri dikehendaki, konsep diri dikehendaki berupa perasaan bersalah atas tindakan yang dilakukan oleh remaja tersebut baik karena hamil di luar nikah maupun menjadi janda, mereka memandang dirinya sebagai remaja yang kotor dan hina di dalam masyarakat karena selalu mendapat pandangan negatif, remaja juga menganggap semua yang terjadi padana merupakan konsekuensi atas perbuatannya atau pekerjaannya. Sedangkan konsep diri tidak dikehendaki yakni remaja tidak sepenuhnya merasa dirinya bersalah karena kejadian tersebut tidak dikehendaki oleh dirinya, remaja juga memiliki trauma dan rasa takut berlebihan, pandangan remaja tersebut terhadap dirinya tidak sama dengan yang dipikirkan oleh orang lain, namun pandangan masyarakat mengenai dirinya sama seperti remaja yang melakukan penyimpangan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis S 44/21 Zuh k
Uncontrolled Keywords: Married by Accident, Self-concept, Single Mother
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Noviana ZuhairiniNIM071711433024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Mas’udahNIDN0005087908
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Jul 2021 21:41
Last Modified: 16 Jul 2021 21:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/108750
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item