KARAKTERISASI LIPOSOM KERING KURKUMIN YANG DIBUAT DENGAN HYDROGENATED SOYBEAN PHOSPHATIDYLCHOLINE DAN DIMETHYLDIOCTADECYLAMMONIUM BROMIDE

ADHE WILDAN MAHBUB, 051111100 (2015) KARAKTERISASI LIPOSOM KERING KURKUMIN YANG DIBUAT DENGAN HYDROGENATED SOYBEAN PHOSPHATIDYLCHOLINE DAN DIMETHYLDIOCTADECYLAMMONIUM BROMIDE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
abstarct.pdf

Download (196kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FF FF 04 15 Mah k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kurkumin merupakan senyawa polifenol dari rimpang kunyit (Curcuma longa) yang memiliki potensi sebagai hepatoprotektor dengan toksisitas yang rendah. Namun kurkumin memiliki kelarutan dalam air yang rendah dan permeabilitas membran yang buruk atau termasuk dalam golongan obat BCS kelas IV (Wahlang et al., 2011). Selain itu kurkumin juga cepat dimetabolisme dan diekskresi oleh tubuh. Oleh karena itu, dalam penelitian ini akan dibuat liposom kering kurkumin yang dapat meningkatkan kelarutan kurkumin dan mencegah metabolisme dan ekskresi kurkumin dalam tubuh. Liposom bentuk kering dipilih karena dapat meningkatkan kestabilan dari sistem liposom selama penyimpanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik fisik liposom kering kurkumin dengan dua jenis bahan penyusun yaitu HSPC dan DODAB. Karakteristik yang dievaluasi meliputi ukuran partikel, sifat termal, morfologi dan pola difraksi sinar-X. Liposom kering kurkumin dibuat dengan metode thin lipid film yang dilanjutkan dengan pengeringan menggunakan oven. Hasil evaluasi ukuran partikel menunjukkan liposom kurkumin formula dengan HSPC memiliki ukuran liposom yang lebih besar yaitu 2411,4 ± 91,7 nm (PI 0,316 ± 0,10), sedangkan formula dengan DODAB memiliki ukuran sebesar 579,3 ± 253,2 nm (PI 0,386 ± 0,05). Kedua formula memiliki bentuk yang sferis. Pada analisis sifat termal dan pola difraksi sinar-X, tidak ditemukan kurkumin dalam bentuk kristal tetapi sudah dalam bentuk amorf yang terdistribusi secara homogen dalam sistem liposom. Pemisahan fase hanya terdeteksi pada sukrosa yang berfungsi sebagai matriks dan lioprotektan dan terdapat adanya populasi DODAB. Dari kedua formula yang diteliti diperoleh karakteristik fisik yang baik dan kedua bahan berpotensi untuk digunakan dalam formulasi liposom kering kurkumin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF FF 04 15 Mah k
Uncontrolled Keywords: Liposomes
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Farmastika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ADHE WILDAN MAHBUB, 051111100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHelmy Yusuf,, S.Si., M.Sc., Ph.D., Apt.UNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 03 Feb 2016 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 01:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item