Kepedulian Terhadap Ekologi dalam Kumpulan Puisi Gordon J.L. Ramel

Christinawati (2017) Kepedulian Terhadap Ekologi dalam Kumpulan Puisi Gordon J.L. Ramel. Fakultas Ilmu Budaya Universitas Airlangga, Surabaya. (Unpublished)

[img] Text (FULLTEXT)
07 Laporan Penelitian Fulltext.pdf

Download (9MB)
[img] Text (PEER REVIEW)
07 Laporan Penelitian Peer Review.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sastra ekologis atau sastra hijau saat ini sedang bangkit. Kebangkitan itu ditandai dengan beragamnya karya sastra tentang lingkungan dalam bentuk cerpen, fiksi, maupun puisi yang ditulis oleh para sastrawan yang lahir dan hidup di sekitar abad ke XX-XXI. Penelitian ini mengkaji karya puisi yang ditulis oleh penyair yang hidup di era tersebut. Sebuah kebetulan, dia seorang ekolog bernama Gordon J.S. Ramel (1957-sekarang). Obyek penelitian ini adalah lima buah puisi yang diambil dari dua kumpulan puisinya, Strangely Human (2012) dan The Human Disease (2012) yang berjudul "Wetlands", "Beauty: Seen and Unseen", "Human Kind Does not Agree", Daffodils No More" dan "Tiger, Tiger Revisited". Kelima puisi tersebut berkisah tentang pengalaman penyair yang sering berkeliling negara dan menjumpai kondisi lingkungan, dan kesan yang mendalam tersebut dia tuliskan dalam bentuk puisi maupun artikel.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Ekologi, Puisi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GF Human ecology. Anthropogeography > GF1-900 Human ecology. Anthropogeography
P Language and Literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
ChristinawatiNIDN0025125708
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 18 Aug 2021 12:27
Last Modified: 18 Aug 2021 12:27
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/109467
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item