UJI PRASKRINING AKTIVITAS ANTIKANKER EKSTRAK n-HEKSANA, DAN EKSTRAK METANOL DART HERBA ARBENAN (Fragaria indica Andr.) DENGAN METODE BRINE SHRIMP LETHALITY TEST (BST)

Elly Mardiani, 050110114E (2005) UJI PRASKRINING AKTIVITAS ANTIKANKER EKSTRAK n-HEKSANA, DAN EKSTRAK METANOL DART HERBA ARBENAN (Fragaria indica Andr.) DENGAN METODE BRINE SHRIMP LETHALITY TEST (BST). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-mardianiel-1719-ff59_06-k.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-mardianiel-1719-ff_59_06.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai saat ini, penyakit kanker masih menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti oleh masyarakat, karena banyak orang yang terkena kanker berakhir dengan kematian. Berbagai usaha telah dilakukan untuk menanggulangi penyakit ini seperti pembedahan, terapi radiasi, kemoterapi. Namun hingga kini masih belum ditemukan cam yang dapat mengatasi penyakit tersebut secara memuaskan. Selain cara-cara diatas, sebagian penderita lebih memilih terapi alternatif. Salah satu pengobatan alternatif dalam mengobati penyakit kanker adalah dengan memanfaatkan bahan alam. Karena itu masih dicari obat yang efektif untuk mengobati kanker, termasuk obat traditional. Dalam suatu penelitian yang dilakukan oleh Koshiura dkk (1985) ekstrak metanol dari akar Agrimonia pilosa Ledeb (familia Rosaceae) dengan senyawa aktif Agrimonine yang menunjukkan aktivitas sitotoksik dimana dapat menghambat sarkomalso, fibrosarkoma dan kanker payudara. Berdasarkan studi kemotaksonomi maka tanaman yang memiliki kekerabatan cukup dekat kemungkinan memiliki kandungan senyawa yang hampir sama. Jenis lain dari suku Rosaceae yang tumbuh di Indonesia yaitu Fragaria indica Andr. Diharapkan dalam Fragaria indica Andr.juga terdapat senyawa yang memiliki aktivitas sitotoksik, dengan melakukan uji praskrining aktivitas antikanker dari ekstrak n-heksana dan ekstrak metanol Fragaria indica Andr. dengan metode Brine Shrimp Lethality (BST). Salah satu metode untuk menguji bahan-bahan yang bersifat sitotoksik adalah dengan uji toksisitas terhadap larva udang dari Anemia sauna Leach (Brine Shrimp Lethality Tesμt). Hasil uji toksisitas ini dapat diketahui dari jumlah kematian anak udang Anemia sauna Leach. metode ini dilakukan dengan menentukan besarnya LC50 selama 24 jam dengan menggunakan Probit Analysis. Bila masing-masing ekstrak yang diuji kurang dari 1000 μg/ml maka dianggap menunjukkan aktivitas biologic. Dan ekstrak yang diuji yaitu ekstrak n-heksana dan ekstrak metanol, dimana ekstrak n-heksana mempunyai harga LC50 < 1000 μg/ml yaitu 808,28 pg/ml, sedangkan ekstrak metanol mempunyai harga LC50 > 1000 μg/ml, yaitu 2229,83 μg/ml. Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak n-heksana Fragaria indica Andr. mempunyai aktivitas biologik antikanker menurut metode Brine Shrimp Lethality (BST). Dari hasil skrining fitokimia, diketahui bahwa ekstrak n-heksana mengandung suatu senyawa golongan triterpenoid/steroid. Penelitian ini perlu dilakukakan isolasi dan identifikasi lebih lanjut terhadap senyawa aktif yang terdapat dalam ekstrak n-heksana herba arbenan (Fragaria indica Andr.) serta perlu dilakukan uji aktivitas biologik antikanker lainnya, misal terhadap hewan coba yang lain dan sel kanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF. 59/06 Mar u
Uncontrolled Keywords: STRAWBERRIES; ANTINEOPLASTIC ANTIBIOTICS
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
R Medicine > R Medicine (General) > R735-854 Medical education. Medical schools. Research
Divisions: 05. Fakultas Farmasi
Creators:
CreatorsEmail
Elly Mardiani, 050110114EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorSUKARDIMAN, Dra.,Apt.,MsUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 22 Aug 2006 12:00
Last Modified: 25 Jul 2016 04:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10952
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item