ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb DAN Cd DALAM UDANG GRAGO (Metapnaeus monoceros) DI PANTAI KENJERAN SURABAYA DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI ABSORPSI ATOM NYALA

HUSNIA ROIHANUL FITRIA, 050312747 (2007) ANALISIS KANDUNGAN LOGAM BERAT Pb DAN Cd DALAM UDANG GRAGO (Metapnaeus monoceros) DI PANTAI KENJERAN SURABAYA DENGAN METODE SPEKTROFOTOMETRI ABSORPSI ATOM NYALA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-fitriahusn-9112-ff169_0-k.pdf

Download (311kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fitriahusn-8703-ff169_08.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang analisis logam berat Pb dan Cd dalam udang grago (Metapnaeus monoceros). Pengambilan sampel udang grago (Metapnaeus monoceros) dilakukan pada tiap hari minggu di bulan Maret 2007 di Pantai Kenjeran Surabaya. Udang grago (Metapnaeus monoceros) merupakan salah satu satwa yang banyak dikonsumsi masyarakat sebagai bahan makanan pembuat terasi. Gragu yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari Pantai Kenjeran yang alirannya melewati berbagai industri. Sedang dipilihnya logam berat Pb dan Cd pada penelitian ini karena kedua logam tersebut bersifat toksik. Analisis kandungan logam berat menggunakan Spektrofotometri Absorbsi Atom Nyala. Pada penelitian ini, metode destruksi yang dipilih adalah destruksi basah. Pembuatan kurva baku digunakan untuk mengetahui koefisien korelasi antara kadar dengan serapan dan mengetahui persamaan regresi. Selain itu juga dilakukan validasi metode meliputi akurasi, presisi, batas deteksi, dan Batas kuantitasi untuk menjamin validitas hasil penelitian. Hasil analisa kadar logam berat dalam (sampel basah) udang grago (Metapnaeus monoceros) yaitu kadar untuk Pb sebesar (1,4 — 2,3) mg/Kg dan untuk Cd sebesar (0.2±0.05) mg/Kg. Kadar logam berat tersebut melebihi ketentuan WHO tentang persyaratan jumlah asupan logam berat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FF. 169/08 Fit a
Uncontrolled Keywords: Metapnaeus monoceros, FAAS method, wet ashing, Pb, Cd.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD1-999 Chemistry
Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 05. Fakultas Farmasi > Kimia Farmasi
Creators:
CreatorsNIM
HUSNIA ROIHANUL FITRIA, 050312747UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAmirudin Prawita, Prof.,Dr.,H.,AptUNSPECIFIED
Thesis advisorMuhammad Mulia, Prof.,Dr.,H.,AptUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 16 Dec 2008 12:00
Last Modified: 12 Aug 2016 01:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/10973
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item