Analisis Konstruksi Bahasa Dan Identitas Pada Iklan Produk Mamypoko Dan Sweety: Kajian Multimodal

Isnaini Nur Azizah (2021) Analisis Konstruksi Bahasa Dan Identitas Pada Iklan Produk Mamypoko Dan Sweety: Kajian Multimodal. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Identitas produk , iklan, Multimodal)
COVER.pdf

Download (297kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRACT.pdf

Download (204kB)
[img] Text (BAB 1)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 August 2024.

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 2)
BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Registered users only until 27 August 2024.

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 August 2024.

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
BAB IV PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 August 2024.

Download (857kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
BAB V KESIMPULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 27 August 2024.

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text (PERMOHONAN EMBARGO)
KKB KK-2 TIL.22-21-Embargo Isnaini - Isnaini Nur Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Bahasa yang berupa tanda verbal dan visual pada iklan selalu dikemas dengan apik dan menarik untuk memeperkenalkan dan mempromosikan produk. Namun, dibalik itu bahasa pada iklan menyelipkan gagasan yang menggambarkan produk yang diiklankan. Oleh karena itulah, bahasa pada iklan tidak hanya bersifat informative melainkan juga berfungsi sebagai penanda identitas suatu produk, Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna dan identitas produk yang digambarkan pada iklan yang memiliki harga jual produk yang berbeda selain itu pada penelitian ini juga mendeskripsikan identitas produk yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya perusahaan. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif sebagai pendekatan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan yang mendalam mengenai objek yang dianalisis. Dengan menggunakan metode analisis Multimodal yang dirumuskan oleh Kress (2010) yang meliputi gambar, landscape, gerakan tubuh, bahasa (tulisan dan tuturan), efek visual, efek suara, dan warna yang berfungsi untuk membongkar makna di balik tanda pada iklan produk MamyPoko dan Sweety. Adapun hasil dari penelitian ini dapat disimpulkalkan jika identitas produk yang dilatar belakangi oleh perbedaan harga jual digambarkan secara jelas pada setiap iklan. Penggunaan bahasa pada iklan yang yang menunjukkan identitas produk yang memiliki harga jual terendah adalah memiliki durasi iklan yang singkat dengan menggunakan gaya bahasa hiperbola untuk menjelaskan keunggulan dari produk yang diiklankan. Dari konstruksi bahasa yang ditampilkan dapat diketahui jika produk yang memiliki harga jual terendah, menjual produk dengan menekankan pada daya tahan dari penggunaan. Sedangkan penggunaan bahasa pada iklan yang menunjukkan identitas produk yang memiliki harga jual tertinggi adalah memiliki durasi iklan lebih panjang yang mengandung informasi yang lengkap dengan gaya bahasa yang beragam yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen. Pada produk yang memiliki harga jual tertinggi, mengillustrasikan benda untuk menggambarkan keunggulan dari produk. Dari konstruksi bahasa yang ditampilkan dapat diketahui jika produk yang memiliki harga jual tertinggi lebih mengunggulkan kualitas dan kenyamanan dari produk. Selain itu, identitas perusahaan yang dipengaruhi oleh latar belakang budaya juga digambarkan pada setiap iklan seperti tampilan aktor, penggunaan bahasa dan cara menyampaikan informasi.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 TIL 22/21 Azi a
Uncontrolled Keywords: Identitas produk , iklan, Multimodal
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM701 Social systems
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > S2 Ilmu Linguistik
Creators:
CreatorsNIM
Isnaini Nur AzizahNIM121814253011
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHariawan Adji, -NIDN'0011106906
Thesis advisorNurul Fitri Hapsari, -NIDN'0014078307
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 27 Aug 2021 12:17
Last Modified: 27 Aug 2021 12:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/109848
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item