PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM RANGKA MENCAPAI KINERJA KOMUNIKASI PEMASARAN: SEBUAH KASUS PADA SAM-DESIGN

ELVAN DWI PERMANA PUTRA, 040117073 (2007) PENERAPAN STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU DALAM RANGKA MENCAPAI KINERJA KOMUNIKASI PEMASARAN: SEBUAH KASUS PADA SAM-DESIGN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-putraelvan-4456-b62_07-k.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-putraelvan-4456-b62_07.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring dengan semakin terfragmentasinya media komunikasi pemasaran, membuat konsumen saat ini menerima beban informasi yang begitu besar, bahkan sering kali melebihi kemampuan ingatannya. Akibatnya banyak informasi yang terbuang secara sia-sia. Hal tersebut membuat komunikasi pemasaran perusahaan menjadi tidak efektif dan tidak efisien. Selain itu, preferensi konsumen pun mengalami perubahan dari yang sebelumnya cukup hanya dilayani dengan komunikasi satu arah melalui media seperti periklanan, saat ini meningkat kecenderungannya untuk dilayani dengan komunikasi dua arah dengan media. Seperti personal selling, sales presentation, public relation, dan direct marketing. Untuk itu diperlukan sebuah strategi komunikasi pemasaran terpadu yang menekankan sinergi dian tara alat-alat komunikasi pemasaran sehingga dapat menghasilkan kejelasan (clarity), konsistensi (consistency), dan dampak maksimal komunikasi pemasaran. Setiap strategi pemasaran yang dijalankan perusahaan perlu diukur sejauh mana tingkat keberhasilannya dalam mencapai tujuan pemasaran. Indikator kinerja pemasaran memegang peranan yang penting untuk mengevaluasi strategi pemasaran yang diterapkan perusahaan. Jenis indikator kinerja pemasaran bermacam-macam tergantung dari strategi pemasaran apa yang digunakan. Dalam penelitian ini yang digunakan sebagai indikator ke suksesan strategi komunikasi pemasaran terpadu adalah tanggapan audiens komunikasi pemasaran perusahaan. Peneliti mengadopsi model hierarchy-of-effect (Lavidge dan Steiner: 1961) untuk menggambarkan tanggapan audiens dalam komunikasi pemasaran. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu terhadap kinerja komunikasi pemasaran pada SAM-DESIGN. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan desain penelitian-nya adalah exploratory research. Sebagai akhir dari penelitian ini, ditarik sebuah kesimpulan dan diajukan beberapa sa ran yang dapat dipertimbangkan pihak manajemen SAM-DESIGN agar penerapan strategi komunikasi pemasaran terpadu dapat mencapai kejelasan, konsistensi, dan dampak maksimal komunikasi pemasaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 62/07 Put p
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi pemasaran terpadu
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ELVAN DWI PERMANA PUTRA, 040117073UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHermawanto, Drs.,Ec.,SE.,M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Anisa Septiyo Ningtias
Date Deposited: 30 Apr 2007 12:00
Last Modified: 14 Jul 2016 07:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/1102
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item