Status Kepegawaian Dosen Universitas Airlangga Pasca menjadi PT BHMN

Wardatul Fithriyah, 030415939 (2008) Status Kepegawaian Dosen Universitas Airlangga Pasca menjadi PT BHMN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2009-fithriyahw-10249-fh18-09.pdf

Download (16kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2009-fithriyahw-9741-fh18-09.pdf
Restricted to Registered users only

Download (675kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Universitas Airlangga sebagai Perguruan Tinggi Negeri (sebelum berstatus BHMN), maka kedudukan hukum status kepegawaian dosennya berstatus Pegawai Negeri Sipil sehingga tunduk pada norma-norma yang mengatur tentang hak dan kewajiban Pegawai Negeri Sipil yaitu Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Kepegawaian jo Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian. Dan juga tunduk pada Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan dosen. 2. Setelah Universitas Airlangga berubah status menjadi Perguruan Tinggi BHMN, secara bertahap kedudukan status kepegawaian dosennya akan berubah. Proses pengalihan status dari PNS ke pegawai Universitas dilaksanakan dalam waktu paling lama 10 (sepuluh) tahun sejak berlakunya PP Unair BHMN . Yang berstatus PNS dalam proses pengalihan status ini akan diberikan opsi, memilih tetap menjadi PNS atau beralih status menjadi pegawai Universitas. Sedangkan untuk yang honorer akan dites kembali dengan standar kebutuhan kompetensi yang ada dan yang lolos akan di angkat berdasarkan perjanjian kerja menjadi pegawai Universitas. Hak pegawai khususnya dosen untuk menentukan pilihannya harus dihormati. Dalam proses pengalihan status dosen PNS di Unair menjadi dosen dengan status pegawai Universitas akan diberikan 2 (dua) opsi kepada PNS yang bersangkutan, apakah akan memilih tetap menjadi PNS atau beralih status menjadi pegawai Universitas. Yang memilih untuk tetap berstatus PNS pada BHMN akan menjadi PNS yang diperbantukan di BHMN. Kelemahan bagi dosen yang memilih opsi ini adalah adanya kemungkinan dikembalikan kepada BKN apabila tidak dibutuhkan oleh Universitas. PNS yang melepas status PNS-nya dan beralih menjadi pegawai Universitas harus melalui beberapa tahapan sebelum statusnya benar-benar beralih menjadi pegawai Universitas. Universitas harus menjamin perlindungan terhadap peserta program pensiun Pegawai Negeri Sipil dan Pejabat Negara. Sehingga tidak ada mantan PNS yang kehilangan hak terhadap tabungan hari tuanya meskipun telah beralih status menjadi pegawai Universitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FH 18/09 Fit s
Uncontrolled Keywords: EDUCATIONAL HIGHER-LAW & LEGISLATION, LECTURER
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2801-3095 School administration and organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Wardatul Fithriyah, 030415939UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRr. HERINI SITI AISYAH, , S.H., M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Shela Erlangga Putri
Date Deposited: 10 Jun 2009 12:00
Last Modified: 25 Jul 2016 05:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11036
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item