KEPAILITAN BADAN HUKUM ASING YANG BEROPERASI DI INDONESIA (STUDI KASUS KEPAILITAN PERUSAHAAN MINYAK & GAS BERBADAN HUKUM ASING)

Febry Pratama, 030810309 (2012) KEPAILITAN BADAN HUKUM ASING YANG BEROPERASI DI INDONESIA (STUDI KASUS KEPAILITAN PERUSAHAAN MINYAK & GAS BERBADAN HUKUM ASING). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text
1. Sampul.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berhutang dalam dunia usaha adalah kegiatan yang sangat lumrah. Salah satu motif utama suatu badan hukum / debitur berhutang adalah keinginan untuk meningkatkan keuntungan yang dapat diraih, Di sisi lain motif utama kreditur memberikan utang adalah keinginan untuk memperoleh balas jasa dengan pemberian hutang tersebut. Berhutang dapat menimbulkan masalah yang mungkin dapat terjadi yaitu kegagalan debitor untuk melunasi hutangnya. Oleh karena itu diperlukan suatu mekanisme yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut secara cepat dan efisien. Kepailitan hadir sebagai jawaban atas masalah tersebut. Dewasa ini dunia usaha di Indonesia sudah berskala internasional, modal para pengusaha berasal dari berbagai sumber. Salah satu pelaku usaha yang turut berkontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia adalah Badan Hukum Asing. Syarat-syarat permohonan pailit yang telah diatur dalam UU kepailitan, berlaku juga terhadap perkara kepailitan yang mengandung unsur-unsur asing. Berkaitan dengan debitur yang merupakan badan hukum asing yang menjalankan kegiatan usaha di Indonesia, belum diatur secara tegas dan jelas. Masalah lainnya terjadi ketika terjadi eksekusi harta pailit badan hukum asing yang ada di luar negeri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KK2 KKB FH 141/12 Pra k
Uncontrolled Keywords: LAW
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
Febry Pratama, 030810309UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM. Hadi Shubhan, Dr., S.H., M.H., CNUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with username agung
Date Deposited: 28 Dec 2012 12:00
Last Modified: 12 Jul 2016 04:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11051
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item