PERBANDINGAN ANTARA PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA BANK SYARIAH DENGAN PEMBIAYAAN MODAL VENTURA

ANDHIKA PRASETYAPUTERA, 030115198 (2007) PERBANDINGAN ANTARA PEMBIAYAAN MUSYARAKAH PADA BANK SYARIAH DENGAN PEMBIAYAAN MODAL VENTURA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-prasetyapu-4663-fh6307-p.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-prasetyapu-4663-fh6307-p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam pembiayaan musyarakah dan pembiayaan modal ventura terdapat beberapa perbedaan dan persamaan. Adapun persamaannya adalah: Mekanisme pembiayaan dalam musyarakah dan modal ventura sama-sama dilakukan dalam bentuk penyertaan modal. Metode pengambilan keuntungan dalam pembiayaan musyarakah dan modal ventura sama-sama dilakukan melalui bagi hasil atas keuntungan yang diperoleh kegiatan usaha yang dibiayai. Sedangkan perbedaannya adalah: Produk pembiayaan musyarakah dikeluarkan oleh lembaga keuangan bank, yang dalam hal ini dilakukan oleh bank syariah, sedangkan produk pembiayaan modal ventura dikeluarkan oleh lembaga keuangan bukan bank, yaitu perusahaan pembiayaan modal ventura. Jaminan dalam pembiayaan modal ventura mutlak diperlukan, karena terkait dengan prinsip kehati-hatian bank. Sedangkn dalam pembiayaan modal ventura jaminan tidak diperlukan, karena sifat pembiayaannya lebih condong ke sebuah bentuk investasi. Sumber dana untuk pembiayaan modal ventura berasal dari dana milik nasabah yang dititipkan pada bank syariah, sedangkan sumber dana untuk pembiayaan modal ventura bisa berasal dari perusahaan modal ventura sendiri dan jugs berasal dan pihak lain. Apabila terjadi wanprestasi pada pembiayaan rnusyarakah yang dilakukan oleh nasabah naka upaya penyelesaiannya melalui: restrukturisasi pembiayaan, penyelesaian melalui jaminan, dan permohonan kepailitan. Apabila wanprestasi dilakukan oleh bank maka upaya penyelesaiannya melalui: pengadilan negeri dan lembaga arbitrase. Sedangkan upaya penyelesaian apabila terjadi wanprestasi dalam pembiayaan modal ventura, baik yang dilakukan oleh perusahaan modal ventura maupun perusahaan pasangan usaha, maka upaya penyelesaiaannya dapat dilakukan melalui: upaya damai, pengadilan negeri, dan lembaga arbitrase.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.63/07 Pra p
Uncontrolled Keywords: BANKS AND BANKING � RELIGIOUS ASPECT - ISLAM
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1066-1089 Banking
K Law > KB Religious law in general
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsEmail
ANDHIKA PRASETYAPUTERA, 030115198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorABDUL SHOMAD, Drs. S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Deby Felnia
Date Deposited: 23 May 2007 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 23:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/11098
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item